Menu

Teknik Dasar Melakukan Servis Tenis Meja Yang Baik Dan Benar

10 April 2019 | Tenis

Teknik Dasar Melakukan Servis Tenis Meja Yang Baik Dan Benar

Teknik Dasar Melakukan Servis Tenis Meja Yang Baik Dan Benar. Dalam olahraga atau permainan tenis meja, salah satu teknik dasar yang harus mampu di kuasai adalah teknik dasar melakukan servis. Pengertian servis sendiri dala permainan tenis meja adalah pukulan pertama untuk memulai permainan. Untuk itu, pukulan servis ini harus di lakukan dengan sangat baik agar bisa mematikan lawan kita, yang berati pundi pundi poin kita juga akan bertambah.

Namun sebelum berlatih begaimana cara melakukan servis yang baik dan mematikan dalam tenis meja. Sebaiknya kita mengenal jenis jenis servis dalam tenis meja yang biasa di gunakan saat pertandingan. Untuk jenisnya ada dua yakni servis forehand dan servis backhand. Untuk bisa menguasai kedua teknik servis tersebut dengan baik, tentunya di butuhkan latihan yang tekun dan serius.

Baik pukulan servis forehand maupun backhand sebenarnya sama sama bagusnya. Tinggal bagaimana kita terbiasa menggunakanya saja. Jika merasa nyaman dengan forehand mungkin bisa secara konsisten menggunakan teknik ini dan juga teknik sebaiknya backhand. Namun alangkah baiknya jika mampu mengusai kedua teknik tersebut dengan sama sama baiknya. Dan berikut ini ulasan terkait cara melakukan pukulan servis forehand dan servis back hand dalam permainan tenis meja.

Teknik Dasar Melakukan Servis Tenis Meja Yang Baik Dan Benar

1. Teknik Servis Forehand

– Posisi siap, kemudian kedua kaki di buka selebar bahu, sementara lutut ditekuk dan menghadap ke arah sasaran.
– Tangan kiri memegang bola dengan telapak tangan terbuka, sementara tangan kanan memegang bat yang siap di gunakan untuk memukul dengan permukaan bat mengarah ke depan.
– Kemudian lambungkan bola sedikit ke atas di depan badan
– Pada saat bola turun dari titik tertinggi lambung, ayunkan bat ke depan lurus dengan permukaan bat mengarah ke depan.
– Bola di pukul dengan cara memukul ke dalam dengan menggunakan bat.

Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Melakukan Servis Forehand

–  Sikap badan yang kaku.
-. Cara memegang bat yang kurang sesuai.
– Lambungan bola yang tidak pas
– Sentuhan bat ke arah bola tidak akurat.
– Kaki kurang rileks dan juga tidak seimbang
– Tidak di sertai gerakan lanjutan.

2. Servis Backhand

– Berdiri dengan menghadap ke arah lapangan, sementara kaki kanan agak ke depan dan berat badan di kaki kana dengan posisi badan agak condong ke depan.
– Tangan kanan yang memegang bat menyilang di samping badan, sementara siku di tekuk , posisi punggung lengn bagian luar mengarah ke depan.
– Tangan kiri memegang bola di depan atas dada.
– Bola selanjutnya di pukul ke depan dengan menggunakan bet dengan dorongan ke depan, sehingga bola bisa memantul dan juga menyeberangi net.
– Lakukan gerak lanjutan ( follow trough ) sangat di perlukan supaya kemudain sudah siap untuk bisa melakukan pukulan berikutnya.

Teknik Dasar Melakukan Servis Tenis Meja Yang Baik Dan Benar

Kesalahan Yang Sering Terjadi Saat Melakukan Servis Back Hand

– Sikap badan kaku
– Cara memegang bat yang kurang sesuai untuk backhand
– Lambungan bola masih kurang akurat
– Pukulan bat ke bola tidak pas.
– Posisi kaki kurang rilkes dan kurang seimbang
– Tidak di ikuti gerak lanjutan.

Selain dari kedua dasar dan gerakan servis yang di sebutkan di atas, masih ada beberapa yang juga harus di perhatikan dengan baik, agar saat melakukan servis bisa maksimal, baik servis forehand maupun backhand. Dan berikut ini penjelasannya.

1. Pandangan

Pada saat melakukan servis, kita hendakya melihat arah bola lambung, karena kita pastinya mengingkan bola yang dapat melambung dengan baik dan akurat. Setelah kita mengarahkan pandangan ke bola, pandangan selanjutnya ke arah sasaran yang akan kita tuju. Dengan melakukan ini berarti kita juga melakukan servis dengan konsentrasi yang baik.

2. Melempar Bola Ke Atas

Melempar bola saat melakukan servis juga merupakan syarat yang terpenting di dalam tenis meja. Karena bola yang tidak di lambungkan akan di anggap tidak sah atau servis gagal, karena melempar bola merupakan tahapan pertama yang selanjutnya di susun dengan memukul bola. Hal ini perlu di perhatikan bila  lemparan tidak sempurna,  bisa membuat pukulan tidak mengenai sasaran atau gagal melambung bola. Untuk itu letakan bola pada tangan atau telapak kiri dengan jarii jari tertutup, kecuali ibu jari dan bola di lambungkan ke atas dengan sudut tidak boleh lebih dari 45 derajat dari garis vertikal, baru kemudian di pukul.

3. Ayunan Tangan Pada Saat Memukul Bola

Ayunan tangan yang baik sangat di perlukan sekali dalam menyajikan servis. Karena ayunan tangan merupakan gerakan awal untuk memukul maupun untuk menentukan sasaran yang tepa. Untuk mendapatkan hasil yang baik, ayunan tangan atau bet dan lambung bola harus tepat dan terkoordiasikan.

Cara melakukannya, ambil sikap berdiri menyamping dan badan condong ke depan. Sedangkan bet di pegang tepat di belakang dan di bawah bola yang tidak bergerak dengan daunnya terangkat ke atas. Lemparan bola dari telapak tangan yang bebas serentak mengayunkan bet ke depan dan ke atas untuk menyikat bagian atas bola.

4. Saat Perkenaan ( Inpect) Bola Dengan Bet

Bersamaan dengan turunya bola dari ketinggian, saat itulah perkenaan bola dengan bet yang baik. Pada saat bet menempel atau membentur bola, komponen ke depan lebih besar dari komponen ke atas, agar bola berjalan menuju ke depan dan keras.

5. Gerakan Lanjut / Akhir

Setelah perkenaan bola teruskan lengan ke de depang samping  berhenti di depan kiri atau di depan dahi jadi gerakan lanjutan ini yang mengankat bola untuk melewati jaring dan selanjutnya memantul pada meja lawan.

Baca : Info pembuatan jersey printing

Incoming search terms:

Related For Teknik Dasar Melakukan Servis Tenis Meja Yang Baik Dan Benar