Menu

Teknik Dasar Lempar Lembing Dan Penjelasannya

30 May 2019 | Olahraga

Teknik Dasar Lempar Lembing Dan Penjelasannya

Teknik Dasar Lempar Lembing Dan Penjelasannya. Lempar lembing merupakan salah satu cabang olahraga atletik dengan memiliki 3 teknik dasar bermain, yaknik cara memegang, membawa dan melakukan lemparan. Untuk olahraga lempar lembing sendiri memang kurang begitu populer dan digemari di masyakarat, khususnya Indonesia. Namun perlu dikethaui, olahraga lempar lembing sudah masuk dalam salah satu cabang olahraga yang diperlombakan pada gelaran PON ( Pekan Olahraga Nasional) hingga pada ajang Olimpiade.

Untuk cabang olahraga lempar lembing di Indonesia dibawah naungan PASI ( Persatuan Atletik Seluruh Indonesia). Sementara untuk tingkat dunia atau internasional, cabang olahraga lempar lembing di bawah naungan IAAF ( International Amateur Athletic Federation). Menarik sekali dan perlu untuk diketahui, jika sejarah lempar lembing sendiri berasal dari kebiasaaan berburu dan juga berperang pada zama dahulu, sebelum akhirnya dikembangkan menjadi salah satu cabang permainan olahraga.

Kembali ke topik ulasan. Untuk menjadi seorang atlet lembar lemping dari yang pemula hingga yang profesional. Tentunya harus mampu menguasai terlebih dahulu beberapa teknik dasar dari lempar lembing. Untuk mempelajari dengan baik dan benar, tentunya di butuhkan latihan yang tekun dan konsisten. Lantas apasaja dan bagaimana cara melakukan teknik dasar lempar lembing? berikut ulasan singkatnya.

Teknik Dasar Lempar Lembing Dan Penjelasannya

1. Cara Memegang Lembing

Salah satu teknik dasar lemar lembing yang harus terlebih dahulu dipelajari dan dikuasai dengan baik dan benar. Untuk teknik cara memegang lembing ada dua teknik yang sering digunakan yakni cara memegang lembing cara Finlandia dan cara memegang lembing teknik Amerika. Dan berikut penjelasannya:

– Cara Finlandia : Cara yang pertama yaitu Finlandia, adapun teknik cara memegang lembing menurut cara Finladia yakni dengan cara memegang lembing pada bagian belakang lilitan dengan menggunakan ibu jari dan jari tengah. Sementara posisi jari telunjuk pada sepanjang batang lembing dengan agak serong sedikit.

– Cara Amerika : Cara memegang lembing teknik Amerika. Adapun cara untuk melakukan yaitu jari telunjuk dengan posisi melingkar memegang bagian belakang lilitan, sementara posisi ibu jari berada di permukaan yang lain dan menekan lembing.

2. Cara Membawa Lembing

Untuk teknik yang harus dipelajari dan dikuasi berikutnya yakni cara membawa lembing dengan baik dan benar. Adapun untuk tekniknya juga dibagi menjadi beberapa cara, yaitu sebagai berikut ini:

– Teknik yang pertama : Lembing dibawa di atas bahu dengan cara dipanggul. Dengan posisi mata lembing menghadap depan dan menyerong ke atas.

– Teknik yang kedua :  Lembing di belakang belakang badan di sepanjang alur lengan. Dengan posisi mata lembing menghadap depan dan menyerong ke atas.

– Teknik yang ketiga :  Lembing dibawa di atas bahu, namun posisi mata lembing menyerong ke  bawah.

3. Cara Melakukan Lemparan

Adapun teknik dasar lempar lembing  yang ketiga yakni cara melakukan lemparan. Adapun untuk cara melakukan lemparan juga terbagi menjadi beberapan tahapan seperti berikut ini:

A. Tahap Awal  

Pada tahapan ini, atlet berlari sambil membawa lembing di atas kepala dengan ditekuk. Posisi telapak tangan menghadap ke atas, sedangkan posisi siku menghadap ke depan. Sementara posisi lembing sejajar di atas garis paralel dengan tanah. Dan bagian terakhir dari tahap awal yakni posisi langkah silang atau cross step. Sedangkan tahapan langkah di bagian terakhir ini caranya adalah sebagai berikut:
– Melangkah cara jingkat (non step)
– Melangkah dengan cara menyilang ke depan (cross step)
– Melangkah dengan cara menyilang ke belakang (rear cross step).
– Peralihan (cross step) yang dilakukan pada saat kaki diturunka. Posisi bahu memutar pelan ke arah kanan, lengan kanan bergerak dan diluruskan kebelakang, sementara tubuh bagian atas dengan posisi condong ke arah belakang.

B. Melempar Lembing

Untuk teknik melempar lembing yang benar sebagai berikut:
ketika sedang melempar lembing, bahu sebelah kanan ditarik, sementara lengan melakukan gerakan melempar ke depan atas dengan kuat melalui poros bahu. Selanjutnya badan bergerak melewati kaki depan dan kemudian lembing baru dilepaskan.

C. Tahap Akhir

Adapun untuk tahap akhir dari teknik dasar lempar lembing  dengan melangkahkan kaki ke depan untuk emnjada keseimbangan gerak agar tidak terjatuh dan melebihi dari garis batas lemparan yang sudah ditentukan.

Demikan tadi terkait ulasan dari teknik dasar cara melakukan lempar lembing dan berikut penjelasannya. Smoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam olahraga.

Incoming search terms:

Related For Teknik Dasar Lempar Lembing Dan Penjelasannya