Menu

Pengertian Dan Cara Melakukan Pukulan Netting Dalam Permainan Bulutangkis

11 August 2019 | Badminton

Pengertian Dan Cara Melakukan Pukulan Netting Dalam Permainan Bulutangkis
Pengertian Dan Cara Melakukan Pukulan Netting Dalam Permainan Bulutangkis
– Bagi anda yang sudah lama menggemari atau memainkan permainan bulutangkis. Tentu sudah mengerti dengan apa yang dimaksud dengan pukulan netting dalam permainan bulutangkis. Namun bagi anda yang masih tahap pemula atau awam, tentu bisa jadi masih bingung dengan pengertian dari pukulan netting dalam permainan bulu tangkis ini.

Pengertian Pukulan Netting

Yang dimaksud dengan pukulan netting dalam permainan bulutangkis adalah pukulan yang dilakukan di dekat net, yang dipukul dengan sentuhan halus namun memiliki keakuratan yang baik. Tujuan pukulan netting ini agar suttlecock bisa jatuh di bidang atau lapangan lawan dengan sedekat mungkin dengan net sehingga lawan akan sulit untuk bisa mengembalikan shutllecock. Perlu koordinasi keseimbangan antara tubuh dengan gerak kaki, lengan posisi raket dan juga shuttlecock saat perkenaan, serta konsentrasi ketika memukul kok menjadi faktor penting agar netting yang dilakukan bisa berhasil. Ada beberapa prinsip-prinsip dasar dalam melakukan netting yang benar agar bisa sukses dan akurat.

Prinsip Dasar Saat Akan Melakukan Netting

1. Pegang raket dengan rileks sebisa yang anda lakukan.
2. Suttlecock harus diambila di atas atau setinggi mungkin.
3. Usahan laju suttlecock serendah mungki dengan bagian atas net.
4. Usahakan jatuhnya shuttlecock serapat atau sedekat mungkin dengan net.

Baca Juga : Gambar Dan Ukuran Lapangan Bulu Tangkis 

Untuk bisa melakukan pukulan netting ini memang diperlukan keahlian khusus. Meski terlihat terkadang mudah dilakukan, namun saat di praktekan kadang tidak sesuai dengan yang diharapkan atau gagal. Untuk itu tentunya diperlukan latihan yang rutin dan konsisten terlebih bagi kamu yang baru mulai belajar memainkan permainan bulu tangkis atau masih tahap pemula.

Cara Latihan Netting

1. Berdirilah di belakang garis servis kira-kira dua langkah dari posisi jaring atau net.
2. Peganglah raket dengan serileks mungkin.
3. Kejarlah shutlecock yang datang di depan jaring
4. Posisi kaki kanan selalu berada di depn baik ketika melakukan netting dengan forehand maupun netting dengan backhand.
5. Agar netting lebih tipis bergulir di bidang atau lapangan lawan, sesaat sebelum suttlecock tersentuh, buat tarikan kecil.
6. Secara simultan dan bergatian arah dan sasaran pukulan bisa berbentuk lurus, silang depan net atau juga mendorong shuttlecock ke arah belakang.

Perlu untuk diketahui, teknik netting sangat memiliki peranan penting dalam permainan bulutangkis. Karena teknik ni bisa memberikan peluang bagi setiap pemain untuk bisa mendapatkan satu poin tambahan. Untuk itu perlu di lakukan dengan sebaik mungkin. Karena jika gagal, justru akan bisa menguntungkan pihak lawan yang akan mendapatkan poin.

Nah, demikian tadi terkait ulasan pengertian dan cara melakukan pukulan netting dalam permainan bulutangkis. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Incoming search terms:

Related For Pengertian Dan Cara Melakukan Pukulan Netting Dalam Permainan Bulutangkis