Menu

Tips Untuk Menjadi Pemain Futsal Posisi Anchor Yang Handal

9 June 2019 | Futsal

Tips Untuk Menjadi Pemain Futsal Posisi Anchor Yang Handal

Tips Untuk Menjadi Pemain Futsal Posisi Anchor Yang Handal – Seperti kita ketahui, permainan futsal merupakan permainan yang tidak hanya mengandalkan skill indivindu saja, namun juga kerjasama yang baik antar pemain disemua posisi. Dan dalam permain futsal terdapat beberapa posisi pemain seperti Pivot, Anchor, Modfielders, Attackers dan juga Defenders.

Nah untuk posisi pemain futsal yang akan kita bahas kali yang menempati posisi sebagai Anchor. Dalam permainan futsal, peran pemain yang menempati sebagai anchor atau biasa disebut juga Cierre sangat krusial dan penting. Karena pemain ini yang memiliki tugas sebagai pengatur irama permainan baik saat timnya melakukan serangan atau pada saat posisi bertahan. Dan biasanya pemain ini yang pertama menerima bola dari kiper atau penjaga gawang saat menyerang dan menjadi pemutus serangan tim lawan saat timnya bertahan.

Untuk bisa menjadi pemain anchor yang dapat diandalkan oleh timnya memang tidak mudah, dan pastinya juga butuh sebuah proses dan butuh waktu yang tak singkat untuk bisa menguasainya dengan baik. Terlebih peran pemain anchor sendiri sangat penting dan vital dalam setiap bermain futsal.

Untuk itu bagi kamu yang ingin menempati posisi sebagai anchor ketika bermain futsal, setidaknya harus mampu untuk bisa menguasai beberapa hal seperti yang akan di ulasa dalam artikel kali ini, yuk langsung saja kita simak tipsnya.

Tips Untuk Menjadi Pemain Futsal Posisi Anchor Yang Handal

1. Menguasi Teknik Dasar

Sebenarnya bukan hanya pada pemain yang menempati posisi sebagai anchor saja yang harus bisa menguasai teknik dasar dalam bermain futsal dengan baik dan benar. Karena banyak pemain yang cenderung mengabaikan hal ini, padahal bisa menjadi penentu hasil pertandingan. Sering kita saksikan pemain salah teknik dasar dan yang paling fatal salah passing atau ketika melakukan kontrol bola yang bisa di kuasai dan bisa berujung gol bagi pihak lawan.

2. Field Vision

Seorang pemain anchor harus memiliki field vision yang luas dan bagus. Karena tidak jarang dalam skema open play terdapat celah untuk melakukan serangan. Untuk itu seorang Anchor harus menjadi orang paling aware pada kondisi-kondisi tersebut semisal untuk memilih opsi passing dalam mengambil keputusan. Salah satu hal senderhana yang sering luput dari seorang anchor adalah posisi kepala saat bermain. Untuk mendapat field vision yang terlihat luas, pemain ini tidak boleh menundukan kepalanya yang bisa membatasi luasnya cakupan penghihatan.

3. Pengambil Keputusan

Dalam bermain futsa, sebuah moment bisa berubah hanya dalam hitungan detik saja. Untuk itu peran anchor di uji dalam mengambil keputusan yang sesuai dengan kondisi pertandingan. Tentunya kuncinya janga tergesa-gesa, karena sering kali situasi pertandingan membuat seorang pemain mudah terbawa suasana.

4. DefenseĀ 

Seorang Anchor harus juga memiliki kemampuan defense saat 1 vs 1. Hal ini bukan hanya bicara soal ngototnya dalam merebut bola yang dikuasai lawa. Termasuk juga antisipaso, delay serangan lawan, komunikasi dan pemposisian dalam saat bertahan. Pemain anchor yang baik akan mampu mendelay serangan lawan sampai datang suport dari rekan satu timnya.

5. Support

Meski berposisi dibelakang, bukan berarti anchor hanya menempati posisi itu saja. Permainan yang baik adalah permainan yang melibatkan 4 pemain baik saat menyerang maupun bertahan. Unggul jumlah pemain tentunya bis menguntungkan tim yang sedang berusaha menyerang. Selain itu, support dari seorang anchor akan sangat membantu bagi teman yang kesulitan untuk mengoper bola.

6. Shooting

Terkadang banyak juga pemain anchor yang mengabaikan hal ini. Karena pada situasi tertentu , seorang anchor juga bisa memiliki peluang di kakinya untuk mencoba melepaskan tembakan jarak jauh dalam upaya untuk membahayakan gawang lawannya atau bahkan mencetak gol untuk timnya.

7. Attitude

Terkait attitude sebenarnya termasuk faktor non teknis dalam pertandingan. Meski begitu, hal ini tak bisa untuk diabaikan begitu saja. Karena kepercayaan rekan satu tim akan muncul, jika Anchor memiliki attitude yang baik. Jadi jangan sungkanĀ  untuk bertukar pikiran dengan rekan satu tim. Karena dengan komunikasi yang baik akan mampu menciptakan suasana tim yang baik pula.

Demikian tadi terkait ulasan tips untuk menjadi pemain futsal posisi anchor yang handal. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Related For Tips Untuk Menjadi Pemain Futsal Posisi Anchor Yang Handal