Menu

Tips Olah Raga Lari Bagi Pemula

15 March 2019 | Lari

Tips Olah Raga Lari Bagi Pemula

Banyak orang melabeli olah raga lari sebagai olah raga yang paling murah karena bisa di lakukan kapan saja. Terlebih olah raga ini tidak harus mengharuskan berlangsung di area lapangan apalagi sampai menyewa gedung olah raga. Hal ini nampaknya yang membuat olah raga ini sangat di gemari oleh semua kalangan dari anak anak, dewasa, orang tua baik laki laki ataupun perempuan.

Bagi anda yang mulai menyukai olah raga ini dan ingin mencobanya sebaiknya anda mempelajari beberapa tipsnya lebih dulu. Hal ini di maksudkan agar anda mampu berolah raga lari dengan baik dan benar serta dapat terhindar dari cedera yang tak di inginkan. Berikut kami rangkumkan beberapa tips olah raga lari bagi para pemula dari berbagai sumber.

Berikut Beberapa Tips Olah Raga Lari Bagi Pemula:

1. Pilih Sepatu Yang Tepat

Sepatu merupakan salah satu perlengkapan dalam olah raga lari yang paling penting untuk melindungi kaki agar terasa nyaman saat berlari. Untuk itu pakailah sepatu yang tepat baik dari sego ukuran ataupun modelnya. Untuk sepatu lari sebaiknya menggunakan sepatu yang model pakai tali. Agar posisi sepatu selalu kencang dan tidak mudah lepas. Selain itu, ukuran sepatu yang tepat dan pas bisa mengurangi resiko cedera.

2. Lakukan Pemanasan Lebih Dulu

Meski terlihat sebagai salah satu olahraga yang mudah dan simple. Namun tetap saja anda harus menyiapkan diri dengan sebaik mungkin sebelum berlari dengan leih dulu melakukan pemanasan ringan. Tujuanya agarotot otot kaki dan anggota badan lainnya menjadi rileks dan tidak kaku.

3. Awali Dulu Dengan Berjalan 

Sebelum berlari atau melakukan pemanasan, bisa juga di awali dengan berjalan lebih dulu. Namun dalam sesi ini cuma berlangsung sebentar saja sekitar 5 menit atau lebih dikit. Kalau terlalu lama efeknya bisa cepat kehabisan energi saat berlari dan mudah lelah.

4. Lakukan Gerakan Selingan Antara Berjalan Dan Berlari

Tahapan berikutnya anda bisa melakukan gerakan selingan antara berlari sebentar dan berjalan sebentar. Sesi ini bermanfaat agar anda secara perlahan bisa beradaptasi dengan baik dan tidak mudah lelah. Selain itu juga bagus untuk pembentukan awal otot otok kaki dan anggota tubuh lainnya.

5. Mulai Tingkatkan Durasi Waktu Berlari

Setelah itu anda bisa meningkatkan durasi lari anda. Latihan ini berfungsi untuk mengatur kecepatan guna mencapai jarak tertentu yang di targetkan. Hal ini di maksudkan agar anda terbiasa bisa mengantur dan mengontrol waktu dan jarak tertentu dengan tepat. Jadi nantinya anda jika sudah profesional sudah bisa menganalisa berapa waktu yang di butuhkan untuk mencapai garis finish dengan jarak tertentu. Latihan ini sangat penting dan bisa jadi metode untuk memenangi kejuaraan lari.

6. Lakukan Pendinginan Secara Pelan

Usai semua tahapan dari pemanasan hingga berlari di lakukan, sesi terakhir adalah pendinginan. Hal ini nampaknya sering banget di abaikan begitu saja bagi para pelari pemula. Padahal sesi pendinginan ini di maksudkan agar detak jantung dan tekanan darah anda bisa kembali normal seperti sebelulnya.

7. Lakukan Latihan Yang Rutin

Untuk mencapai pada skala pelari yang profesional  dari yang awal masih pemula. Sebaiknya anda sering melakukan latihan olah raga lari setidaknya dua kali dalam seminggu. Dan bila anda ternyata memiliki kondisi badan tertentu sebaiknya segera saja berkonsultasi dengan dokter favorit anda untuk mencari solusinya, agar anda bisa berlari dengan baik dan benar serta terhindari dari hal yang tak di inginkan seperti cedera.

Related For Tips Olah Raga Lari Bagi Pemula

Archives

Recent Search Terms

Page