Menu

Tips Menjadi Pemain Pivot Yang Baik Dalam Bermain Futsal

17 April 2019 | Futsal

Tips Menjadi Pemain Pivot Yang Baik Dalam Bermain Futsal.

Tips Menjadi Pemain Pivot Yang Baik Dalam Bermain Futsal. Futsal merupakan permain yang di mainkan secara tim yang terorganisir dengan baik. Setiap pemain akan menempati posisi yang berbeda dan juga tanggung jawab yang berbeda pula. Tentunya bagi yang masih pemula perlu mengetahui posisi dan tugas pemain tersebut agar kemudian mampu dikuasi atau diperankan dengan baik. Dan seperti yang akan di bahas kali ini, terkait tips menjadi pemain pivot yang baik dalam bermain futsal.

Istilah pivot dalam pemain futsal kadang juga di sebut sebagai Target Man / Top Man  / Striker (spesialis). Meski memiliki nama dan juga sebutan yang bermacam macam, namutugas utamanya adalahan memimpin serangan timnya atau juga sebagai ujung tombak saat tim menyerang.

Sebutan pivot juga sering di gunakan ketika pemain futsal ini sering kali saat menerima bola, dalam keadaan membelakangi arah gawang. Selanjutnya mencari cara untuk berputar dan melakukan atau melakukan gerakan pivot (poros) untun melewati lawan dan kemudian melepaskan tembakan ke gawang.

Selain memiliki tanggung jawab sebagai poros bagi tinya, juga harus mampu mempertahankan penguasaan bola dan memberikan umpan kepada rekan satu tim, serta juga bisa membuka ruang permainan. Meski tugas utamanya fokus pada serangan, namun Pivot juga harus berkontribusi dalam ikut membantu pertahanan kalau timnya mendapat serangan.

Jarang sekali di temukan sebua tim memainkan dua pivot secara bersamaan (jika ada, biasanya akan saling bertukar peran). Namun sudah menjadi hal yang umum, manakala tim tidak menggunakan pivot sama sekali seperti penerapan formasi 2-0-2, akan tetapi memiliki pemain sepesialis untuk memainkan peranan pivot akan sangat membatu kinerja timya.

Untuk bisa menjadi pemain Pivot yang baik, kamu harus memili beberapa  kemampuan sebagai berikut ini:

1. Kuat menguasai bol ( tidak harus memiliki tubuh yang besar ) untuk melindungi bola dari lawan.

2. Kaki yang cepat dan pintar dalam mengelabui lawan.

3. Kemampuan shooting cepat, akurat dan efektif.

4. Bisa melakukan monevement (pergerakan) untuk menciptakan ruang / celah dan antisipasi yang baik dalam memperkirakan arah datangnya passing.

Related For Tips Menjadi Pemain Pivot Yang Baik Dalam Bermain Futsal