Menu

Tips Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar

12 September 2019 | Badminton

Tips Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar
Tips Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar
– Raket merupakan salah satu perlengkapan penting yang dibutuhkan dalam permainan bulutangkis. Dan untuk menentukan atau memilih jenis raket yang cocok dengan gaya permainan anda, ada berapa poin yang perlu diperhatikan dan bisa sebagai bahan pertimbangan.

Untuk mememilih raket bulutangkis yang baik dan benar memang sebaiknya tidak asal-asalan saja. Dengan pemilihan jenis raket yang tepat, tentu bisa membuat anda tampil bisa lebih maksimal baik dalam melakukan servis, pukulan atau smash. Adapun poin-poin yang perlu di perhatikan saat memilih raket bulutangkis adalah sebagai berikut ini.

Tips Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar

1. Berat Raket

Untuk bisa mengetahui seberapa berat raket bulutangkis yang akan anda pilih, bisa dilihat pada kode atau tanda huruf U yang terdapat pada raket. Semakin tinggi nilai U, maka beratnya akan semakin ringan. Adapun berat rata-rata raket adalah 83-100gr. Ada 5 jenis U, namun yang biasa dijual dipasaran adan 3U (85-89gr) maupun 2U (90-94gr). Berat tersebut diluar berat raket sebelum di pasang senar dan juga handgrip dengan rata-rata penambahan sekitar 2-9gr terutama pada grip.

2. Titik Keseimbangan

Titik keseimbangan pada raket juga perlu diperhatikan. Untuk mengeceknya bsa diketahui dengan menghadapkan jari telunjuk ke atas dan tarus batang raket di atas tangan, lalu geser batang raket hingga dapat di ketahui dalam keadaan yang seimbang. Jika sudah, anda dapat melihat dimana letak jari telunjuk Anda. Bila jari telunjuk lebih dekat dengan kepala raket, raket tersebut berjenis power. Tapi jika jari telunjuk lebih dekat dengan pegangan raket, maka raket tersebut berjenis cotrol.

Tips Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar

3. Tingkat Kekakuan 

Seperti diketahui ada dua pilihan batang raket yang ada, yakni ada yang fleksibel/luwes dan juga ada yang kaku. Jenis raket fleksibel akan mudah melentur pada saat melakukan pukulan. Sedangkan yang bertype kaku akan sebaliknya. Untuk mengeceknya, pegang kepala rake dan pegangannya. Selanjutnya secara perlahan bengkokan sekedarnya saja untuk mengetahui tingkat kekakuannya.

Tips Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar

4. Bentuk Frame Kepala Raket

Adapun untuk bentuk frame kepala raket terdapat dua jenis seperti berikut ini:
Frame Konvesional (Oval) : Jenis frame ini mempunyai titik untuk melakukan pukulan yang bai lebih sedikit dari pada jenis isometric. Pada saat sutklecock mendarat pada spot yang benar-benar baik, akan tercipta pukulan dengan kualitas yang sangat tinggi. Namun seiringnya waktu berjalan, jenis frame ini mulai jarang di temui karena jenis isometric lebih digemari.

– Frame Isometric : Jeni frame ini memiliki bentuk kepala yang hampir mendekati persegi. Bentuk fram ini memiliki spot-spot pukulan yang baik di bantalan senar yang lebih luas. Sehingga ada banyak kesempatan untuk pengguna raket ini dalam upayanya untuk menciptakan pukulan yang bagus.

Baca Juga : Jenis Senar Raket Bulutangkis Yang Harus Diketahui

Nah, demikian tai terkait tips cara memilih raket bulutangkis dengan baik dan benar. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Related For Tips Cara Memilih Raket Bulutangkis Yang Baik Dan Benar