Menu

Teknik Dasar Tolak Peluru Yang Harus Dikuasai

4 April 2019 | Athletik

Teknik Dasar Tolak Peluru Yang Harus Dikuasai

Teknik Dasar Tolak Peluru Yang Harus Dikuasai. Tolak peluru merupakan salah satu dari cabang olahraga atletik yang sering di pertandingkan secara resmi baik tingkat olahraga nasional maupun internasional. Pada dasarnya olahraga ini adalah gerakan untuk menolak peluru sejauh mungkin agar dapat memperoleh hasil lemparan yang sejauh jauhnya. Untuk dapat memainkan dengan baik dan benar, serta menghasilkan lemparan yang maksimal dalam pertandingan, maka sangat penting bagi para atlet untuk mengenal setiap teknik teknik dasar dari olahraga tolak peluru ini.

Dan tentunya ini sangat penting untuk di pelajari dan kemudian di kuasai dengan baik dan benar terutama bagi yang masih tahap belajar atau masih tahap pemula. Adapun untuk teknik teknik dasar dari tolak peluru terbagi menjadi 4 bagian teknik yang perlu di pelajari dan di kuasi secara bertahap seperti yang akan di ulas berikut ini.

Teknik Dasar Tolak Peluru

1. Teknik Memegang Peluru

Cara memegang peluru dalam olahraga ini merupakan teknik dasar yang harus di kuasai lebih dulu. Untuk cara memegang peluru jelas tidak boleh sembarangan dan asal asalan. Dan pastinya ada beberapa teknik yang perlu di pelajari dan kemudian di kuasai. Memegang peluru di lakukan oleh jari jari di telapak tangan bagian dalam. Dan untuk lebih detailnya penjelasan secara singkatnya dari permulaan hingga sempurna sebagai berikut.

– Letakan peluru di telapak tangan bagian atas saat tangan menengadah atau bisa juga di bagian ujung telapak tangan yang terdekat dari jari jari tangan.
– Renggangkan genggaman jari tangan pada bagian jari tengah, manis dan telunjuk agar dapat menahan dan memegang bagian belakang peluru dengan tepat.
– Posisikan ibu jari dan kelingking sebagai pemegang atau penahan peluru di bagian samping. Posisi ini memiliki tujuabn agar peluru tidak tergelincir ke arah luar atau ke dalam.

2. Teknik Meletakan Peluru

Teknik Dasar Tolak Peluru Yang Harus Dikuasai

Teknik selanjutnya setelah memegang peluru yakni teknik meletakan peluru. Meski sekilas sama jelas ini ada perbedaan dan juga harus mampu di pelajari dan di kuasai dengan baik sebelum ke tahapan teknik berikutnya. Adapaun cara teknik dasar meletakan peluru adalah sebagai berikut ini.

– Berdiri dengan posisi kaki kanan di letakan di bagian didepan batas belakang lingkaran.
– Pegang peluru menggunakan tangan kanan dengan pegangan yang tepat.
– Perletakan peluru dapat di tata dengan baik oleh tangan yang memegang peluru.
-Tempatkan peluru di antara batas leher dengan pundak, atau di posisi pada bagian bawah telinga. Pada saat membuka, rentangkan lengan segaris dengan bahu.
– Tekuk sedikit lengan kiri pada bagian muka dada
– Rilekskan kaki kiri dan posisikan menapak di bagian ujung kaki

3. Teknik Awalan

Tahapan berikutnya yang harus di pelajari dan dikusai yakni teknik awalan. Teknik sangat penting sekali karena merupakan tahapan yang krusial dalam persiapan olahraga tolak peluru. Oleh karena itu harus mampu di kuasai dengan baik untuk bisa menghasilkan serangkaian gerakan yang benar dan kontinyu. Tahapan teknik awalan pada olahraga tolak peluru adalah sebagai berikut ini.

– Letakkan kaki kanan di depan dan posisikan kaki kiri di sebelah kiri dan jarak di antaranya selebar bahu dan segaris dengan arah lemparan.
– Kemudian pegang peluru dengan menggunakan tangan kanan dan letakan di antara batas leher dan tepat di bawah telinga atau di atas bahu. Kemudian, posisikan lengan kiri menekuk sedikit tepat di depan dada.
– Tumpuan berat badan berada di kaki kanan dan badan di bungkukan dengan sedikit di condongkan ke arah kanan. Setelan itu mulai mengayunkan kaki kiri ke depan dan belakang.
– Setelah mengayunkan kaki kiri sebagai awalan, maka gerakan selanjutnya adalah menekuk kaki kanan lebih rendah daripada kaki kiri.
– Saat melakukan ayunan, kaki kiri dapat di letakan di bagian belakang, lalu ayunkan ke arah kiri atau ke arah lemparan di lakukan. Setelah itu, lakukan pendekatan secepatnya dan diiringi dengan gerakan tolakkan kaki kanan ke arah tujuan lemparan.
– Yang terakhir adalah dengan melakukan gerakan pendaratan. Dengan melakukan pendaratan menggunakan kaki kanan maka tubuh sebaiknya di condongkan ke arah kanan.

Namun terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan saat akan melakukan serangkaian gerakan awalan pada teknik dasar tolak peluru, di antaranya:
– Usahakan supaya pegangangan peluru tidak bergeser saat melakukan serangkaian gerakan awalan di atas.
– Pastikan posisi tubuh dalam keadaan siap dengan pengangan peluru yang tepat dan benar. Agar tolakan peluru memiliki ksempurnaan gerakan.
-Ketika menolakkan peluru, pastikan tubuh mengarah ke samping arah tolakan.
– Kaki kiri letakan di depan secara lurus, sedangkan kaki kanan ada di belakang dengan menekuk lutut dengan tumpuan berat badan di kaki kanan dan tangan kiri di jaga supaya tetap lurus dan dalam kondisi rileks. Posisikan tangan kiri di depan supaya keseimbangan dapat terjaga dengan baik.

4. Teknik Menolak Peluru

Selanjutnya ke tahapan teknik berikutnya yakni teknik menolakkan peluru. Untuk dapat menolakkan peluru dengan sempurna, berikut tekniknya yang harus di kuasai.

– Siku ditarik serong kebelakang bersamaan dengan perputaran tubuh ke arah tolakan
-Selain itu dorong pinggang dan pinggul sedikit ke arah depan dengan dada terbuka.
– Pandangan menuju ke arah tolaka dengan dagu terangkat.
– Saat dada atau seluruh badan mengarah tolakan, peluru dapat sesegera mungkin ditolakkan dengan skuat tenaga kearah depan atas atau arah tolakan.
– Pada saat yang sama, dapat dilakukkan tolakan kaki kanan dan seluruh tubuh di lonjakan ke atas menyongsong ke depan.

Untuk yang masih tahap belajar atau tahap pemula, perlu di ketahui bahwa cara menolakkan peluru di bagi menjadi 2, yakni dengan satu tangan dan menggunakan kedua tangan. Yang pasti perlu kondisi fisik atau tubuh yang prima sebelum melakukan olahraga tolak peluru dengan nenerapa gerakan langkah sebagai berikut.

-. Saat peluru telah lepas atau atlet sudah melakukan tolakan, posisi tubuh berada pada keadaaan condong ke depan. Keseimbangan tubuh sangat penting untuk menjaga agar jangan sampai jatuh di luar lapangan tolak peluru. Untuk mencegar agar tubuh tetap seimbang , kaki kanan dapat segera digerakan ke depan.
– Saat melakukan pendaratan dengan kaki kanan, segera kaki kiri di tarik kebelakang. Hal ini di perlukan agar seluruh tubuh berada berada pada posisi dan gerakan seimbang. Selain itu lengan kiri perlu untuk di arahkan kebelakang. Latihan gerakan ini agar menghasilkan gerakan yang lebih sempurna. Hal ini di sebabkan banyaknya atlet atau pelempar olahraga tolak peluru yang di gerakan awal melakukan kesalahan dalam gerakanĀ  maupun posisi tubuh.

Demikian tadi ulasan terkait teknik dasar dalam olahraga tolak peluru yang harus di pelajari dan kemudian di kuasai dengan baik terutama yang baru tahap belajar atau masih pemula. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Tolak Peluru Yang Harus Dikuasai

Recent Search Terms

Page