Menu

Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan

13 July 2019 | Bela Diri

Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan
Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan
– Ada beberapa teknik dasar dari olahraga beladiri taekwondo yang harus dipelajari dan dikuasai dengan baik secara menyeluruh. Seperti teknik kuda-kuda, teknik gerakan tendangan, gerakan pukulan, gerakan tangkisan dan juga cara melakukan gerakn sabetan dan tusukan.

Dan untuk yang akan kita ulas dan bahas pada artikel ini, terkait teknik dasar cara melakukan gerakan sabetan dan tusukan dalam olahraga beladiri taekwondo. Sama seperti teknik dasar lainnya, untuk cara melakukan gerakan sabetan/chigi dan juga tusukan/chireugi terdapat beberapa variasi teknik atau gerakannya. Dan biasanya teknik ini dimnfaatkan dalam proses penyerangan pada area vital kubu lawan, seperti yang akan diulas berikut ini.

Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan

1. Murep Dolyo Chigi

Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan

Gerakan ini merupakan upaya atau tindakan sabetan yang dilakukan dengan memakai lutut dengan mengarah ke posisi samping.

2. Agem Son Keut Chireugi

Gerakan ini merupakan upaya untuk melakukan tusukan atau juga cekikan dengan obyek sasaran pada bagian leher lawan.

3. Ape Son Keut Chireugi

Gerakan ini merupakan upaya untuk bisa melakukan gerakan tusukan dengan sasaran pada bagian leher lawan dengan menggunakan 4 bagiana ujung jari.

4. An Son Keut Chireugi

Gerakan ini merupakan suatu upaya atau gerakan untuk melakukan tusukan dengan menggunakan satu saja, dengan sasaran bagian mata lawan tanding.

5. Gawison Keut Chireuhi

Gerakan ini merupakan suatu upaya atau gerakan yang dilakukan dengan obyek sasaran bagian mata lawan tanding dengan menggunakan bagian dua jari.

6. Palkup Dolyo Chigi

Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan

Gerakan ini adalah upaya untuk melakukan gerakan sabetan dengan menggunakan siku tangan yang memutar. Gerakan ini bisa dilakukan dengan kaki bagian kiri sebagai penumpu untuk berat badan, dengan perlu untuk ditekuk saat diposisikan ke depan. Semenatar untuk kaki belakang atau bagian kaki kanan, harus dalam posisi yang lurus.

Adapun untuk kondisi kedua tangan adalah seperti pada gerakan penghormatan pada kungfu. Namun, keduanya harus berada di depan dada dan bagian siku dimiringkan ke atas. Bagian siku inilah yang tujuannya menyabet atau menusuk ketika lawan mencoba melakukan serangan dengan mendekati kita terlebih dahulu.

7. Jebi Poom Mok Chigi

Gerakan ini merupakan upaya untuk melakuan sabetan yang di lakukan dari luar ke dalam dengan tangkisan pisau angan ke arah atas di saat yang sama. Tangan yang digunakan sebagai pisau untuk gerakan menyabet menggunakan tangan bagian sebelah kanan, sementara tangan sebelah kiri berada pada atas kepala kita.

Pada bagian kaki hampir mirip dengan teknik palkup dolyo chigi. Tapi kaki kanan yang ada di belakang perlu lebih direndahkan posisinya dan bagian depan atau kaki kiri tak perlu di tekuk dengan terlalu banyak.

8. Ham Sonnal Mok Chigi

Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan

Gerakan ini merupakan upaya sabetan tunggal dengan menggunakan pisau tangan. Sabetan tunggal yang berarti teknik sabetan hanya menggunakan satu tangan dan umumnya dengan menggunakan tangan sebelah kiri.

Sedangkan tangan sebelah kakan ada di sisi tubuh kita dalam keadaan tertetekuk dan mengepal seperti biasa. Untuk bagian kaki tak perlu di buka terlalu lebar. Namun tetap kaki kiri harus lebih sedikit ke depan. Kedua kaki harus menghadap ke arah depan lurus dan sabetan pun demikian.

9. Pyeon Son Keut Chiregugi

Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan

Gerakan ini merupakan upaya melakukan tusukan dengan menggunakan bagian 4 ujung jari di mana posisi tangan vertikal dengan sasaran bagian ulu hati lawan tanding.

Demikan tadi terkait ulasan teknik dasar gerakan sabetan dan tusukan dalam olahraga beladiri taekwondo. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Incoming search terms:

Related For Teknik Dasar Taekwondo Gerakan Sabetan Dan Tusukan