Menu

Teknik Dasar Start Jongkok Dalam Olahraga Lari Dan Penjelasannya

25 June 2019 | Lari

Teknik Dasar Start Jongkok Dalam Olahraga Lari Dan Penjelasannya
Teknik Dasar Start Jongkok Dalam Olahraga Lari Dan Penjelasannya
– Seperti yang kita ketahui, olahraga lari semua akan diawali dengan melakukan start terlebih dahulu. Lantas apa yang dimaksud dengan start dalam perlombaan lari? Start merupakan cara untuk mempersiapkan diri ketika akan memulai gerakan lari. Dan untuk pembagian start dalam olahraga lari terbagi menjadi 3 macam yakni start berdiri, start melayang dan start jongkok.

Untuk pembahasan kali ini, akan di bahas terkait teknik dasar cara melakukan start jongkok dalam perlombaan lari yang juga akan di sertai dengan penjelasannya. Dan tentunya, kamu pasti di buat penasaran ya? Yuk langsung saja di simak..!!

Teknik Dasar Start Jongkok Dalam Olahraga Lari Dan Penjelasannya

Start jongkok juga biasa di sebut dengan crouching start dan biasa digunakan dalam pelari jarak pendek dengan panjang lintasan 100 meter, 200 meter dan 400 meter. Adapun untuk start jongkok dalam perlombaan lari terbagi menjadi 3 macam yakni start pendek atau bunch start, start menengah atau medium start dan terarkhir satart panjang atau long start. Untuk penjelasan secara rinci terkait ulasan 3 macam start jongkok dalam perlombaan lari adalah sebagai berikut ini:

1. Start Pendek / Bunch Start

Adapun untuk melakukan start pendek atau bunch start adalah dengan posisi tangan sedikit lebar dari bahu dan juga posisikan ibu jari untuk membentuk huruf V. Letakkan salah satu kaki di depan, dengan bisa menggunakan kaki kiri ataupun kaki kanan, dimana kaki tersebut memiliki jarak 75 cm dari garis start. Kaki yang berada di belakang disejajarkan dengan tumit yang didepan dengan jarak kira-kira sekitar satu kepal tangan.

2. Start Menengah / Medium Start

Untuk melakukan start menengah atau start medium terlebih dahulu posisikan tangan dan juga ibu jari dengan sama persis ketika melakukan gerakan start pendek atau buch start. Letakan kaki yang berada di depan dengan jarak 40 cm dari garis start. Selanjutnya sejajarkan lutut kaki yang dibagian belakang dengan bagian ujung jari kaki yang berada di depan. Selanjutnya atur jarak ujung jari kaki yang di depan dengan ukuran sekitar satu kepal dan sejajarkan lutut kaki dengan ujung jari pada kaki bagian depan.

3. Start Panjang / Long Start

Untuk melakukan start panjang atau long start dengan melakukan gerakan sama seperti ketika melakukan start pendek. Kaki bagain depan diatur dengan jarak 40 cm dari garis start lutut. Selanjutnya atur lutut kaki belakang agar sejajar dengan tumit di bagian depan. Atur jaraknya sebesar satu kepalan tangan dengan dimulai dari tumit kaki depan hingga ke ujung jari kaki yang berada di depan.

Hal yang perlu di perhatikan pada saat melakukan start jongkok adalah sebagai berikut. Ketika aba-aba bersedia telah disampaikan, maka pelari akan menuju garis start. Selanjutnya letakan tangan di belakang garis start , posisin tangan selebar bahu dan atur ibu jari hingga membentuk V. Letakan tangan sedikit di depan dan posisikan lengan membentuk garis lurus. Jangan lupa untuk mencondongkan bahu kedepan. Selanjutnya, bungkukan sedikit kepala sehingga leher tidak menjadi tegang. Fokuskan padangan pada lintasan sekitar 2 meter daru garis mulai. Jarak kaki daru garis start bermacam-macam dan tergantung dari jenis start apa yang akan digunakan.

Nah, demikian tadi terkait teknik dasar start jongkok dalam olahraga lari dan juga penjelasannya. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olaharaga..!!

Incoming search terms:

Related For Teknik Dasar Start Jongkok Dalam Olahraga Lari Dan Penjelasannya