Menu

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya

14 April 2019 | Renang

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya. Berenang merupakan gerakan saat bergerak di dalam air. Ada bermacam macam gaya berenang yang sering di perlombakan secara resmi baik kejuaraan renang tingkat nasional maupun internasional, seperti renang gaya bebas, gaya punggung, gaya kupu kupu, gaya dada dan lain lainya. Dan tentunya setiap gaya dalam renang yang berbeda juga mempunyai teknik atau cara melakukannya sendiri sendiri. Jadi semisal renang gaya bebas, cara melakukannya juga berbeda dengan gaya dada atau gaya lainnya.

Dan untuk kali ini yak akan di bahas dan di ulas terkait renang gaya bebas. Meski kesannya gerakannya seperti bebas namun membutuhkan beberapa teknik khusus yang harus mampu di kuasai dengan baik, dan juga di lakukan dengan latihan yang rutin agar tekniknya mampu di kuasai dengan cepat.

Renang gaya bebas dengan posisi dada menghadap ke permukaan air. Sementara kedua belah lengan secara bergantina di gerakan jauh ke depan dengan mengayuh. Begitu juga dengan kedua kaki juga di cambukkan naik turun ke atas dan ke bawah  secara bergantian.

Sewaktu berenang gaya bebas, posisi wajah menghadap ke permukaan air. Sedangkan untuk pengaturan pengambilan nafas bisa dilakukan saat lengan digerakan keluar dari air dan saat tubuh dalam posisi menjadi miring dan kepala berpaling ke samping. Sewaktu mengambil nafas, perenang bisa memilih untuk menoleh ke kiri atau juga ke kanan sesuai kebiasaan yang di lakukan.

Dibandingkan dengan gaya renang lainnya, renang gaya bebas merupakan gaya berenang yang menjadikan tubuh lebih cepat ketika melaju di air. Dan juga renang gaya bebas yang paling mudah untuk di pelajari teknik tekniknya. Adapun teknik renang gaya bebas yang sering di pelajari adalah sebagai berikut ini.

Teknik Dasar Renang Gaya Bebas :

1. Sikap awal posisikan badan mendatar dengan permukaan air. Kemudian posisi tutub telungkup dengan posisi rata dengn permukaan air. Poisisi  badan yang mendatar bisa untuk memperkecil hambatan pada waktu melakukan gerakan dalam air.

2. Selanjutnya posisi kaki harus lulur ke belakang dengan melakukan gerakan gerakan memukul air. Dan gerakan ini di lakukan dengan kaki kanan dan juga kaki kiri secara bergantian. Semakin banyak gerakan yang di lakukan membuat laju tubuh di atas air tentunya akan semakin cepat.

3. Gerakan kedua lengan secara bergantian, baik menggunakan tangan kanan dan juga tangan kiri dengan gerakan ayunan ke depan dimasukan ke air agar mampu mendorong tubuh ke depan. Semakin banyak gerakan yang di lakukan membuat laju tubuh di atas air tentunya akan semakin cepat.

4. Perhatikan juga gerakan saat pengambilan napas dalam renang gaya bebas adalah saat kepala miring ke samping kiri atau kanan. Pengambilan napas di lakukan saat mulut keluar dari air, kemudian keluarkan sedikit demi sedikit di dalam air.

5. Terus lalukan gerakan ini secara teratur dan terkoordiasi antara gerakan ayunan lengan, kaki, kepala dan juga badan. Gerakan terangkan secara berututan dan berkisambungan dengan baik sampai menyentuh garis finish dengan jarak yang sudah di tentukan sesuai dengan kelasnya.

Untuk bisa menguasai gaya renang bebas dengan baik, sebaiknya melakukan latihan yang rutin dan serius terutama bagi yang masih tahap pemula. Demikian ulasan terkait teknik dasar renang gaya bebas yang juga di sertai dengan gambarnya. Terima kasih dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Renang Gaya Bebas Beserta Gambarnya