Menu

Teknik Dasar Pencak Silat Untuk Pemula Dan Penjelasannya

17 March 2019 | Bela Diri

Teknik Dasar Pencak Silat Untuk Pemula Dan Penjelasannya

Teknik dasar pencak silat – Pencak silat merupakan salah satu olah raga bela diri tradisional yang telah ada sejak jaman dahulu, bahkan sebelum Indonesia merdeka. Olah raga pecak silatyang lebih dulu populer di Indonesia perlahan lahan mulai di kenal dan di pelajari oleh beberapa Asia Tenggara dan mulai meluas ke penjuru dunia.

Pencak silat memang merupakan salah satu olah raga seni bela diri yang unik sekali dengan mengandalkan gerakan gerakan yang mirp tarian. Bagi anda yang mungkin tertarik ingin mempelajari pencak silat memang sebaiknya sebagai pemula mengetahui dulu beberapa teknik dasar yang harus di kuasai.

Teknik dasar dalam olah raga pencak silat memang terbagi dalam beberapa bagian atau tingkatan yang cukup banyak. Seperti dalam artikel ini yang akan coba di ulas secara singkatnya saja.

Teknik Dasar Pencak Silat Dan Penjelasannya

1. Teknik Kuda Kuda

Teknik ini merupakan dasar yang harus di kuasai para pemula saat belajar pencak silat. Yang di maksud kuda kuda merupakan sikap menapakkan kaki guna menjada keseimbangan baik ketika menyerang maupun bertahan. Teknik kuda kuda terbagi menjadi 6 bagian yakni depan, tengah, belakang, samping, silang serta depan dan belakang

Teknik Dasar Pencak Silat Untuk Pemula Dan Penjelasannya

2. Teknik Sikap Pasang

Setelah teknik dasar kuda kuda mampu di kuasai dengan baik, selanjutkan harus mempelajari sikap pasang. Yang di maksud sikap pasang yakni kombinasi posisi dengan kuda kuda yang bersifat fleksibel sesuai dengan situasi baik ketika menyerang atau bertahan.

3. Teknik Pola Langkah

Karena pencak silat merupakan gabungan kuda kuda yang di kreasi dengan langkah yang flesibel dan di sempurnakan dengan langkah yang bisa ke berbagai arah, supaya gerakan kita tidak bisa di baca oleh kubu lawan.

4. Teknik Arah

Teknik arah jelas penting dan sangat menentukan dalam pencak silat karena membutuhkan beberapa gerakan kemana akan melangkah saat menyerang ataupun bertahan. Maka teknik ini juga di sebut sebagai delapan penjuru mata angin.

5. Teknik Tendangan

Dalam pencak silat yang tak kalah penting juga yakni teknik tendangan yag berfungsi saat menyerang lawan. Banyak variasi jenis tendangan dan tekniknya yang perlu di pelajari.

Teknik Dasar Pencak Silat Untuk Pemula Dan Penjelasannya

6. Teknik Pukulan

Sama dengan teknik tendangan, teknik pukulan juga di butuhkan untuk menghadapi lawan baik saat bertahan maupun menyerang. Teknik iini juga banyak variasinya dan jenisnya seperti pukulan tegak, lurus, bandul dan melingkar.

7. Teknik Tangkisan

Karena pencak silat merupakan seni beladiri menyerang dan bertahan. Maka teknik tangkisan jelas sangat diĀ  butuhkn untuk melindungi bagian badan saat mendapat serangan dari pihak lawa.

8. Teknik Kuncian

Dalam pencak silat atau bela diri lainnya selain harus mengusai teknik menyerang dan bertahan, juga harus menguasai teknik kuncian. Teknik ini berfungsi untuk mengunci pergerakan lawan, pada umumnya mengincar bagian vital seperti leher, dagu dan pergelangan tangan lawan.

Teknik Dasar Pencak Silat Untuk Pemula Dan Penjelasannya

9. Teknik Guntingan

Jika beberapa teknik yang sudah di terangkan lebih dulu mampu di kuasai. Tahap berikutnya belajar menguasai teknik guntingan. Gerakan guntingan ini bisa dilakukan dengan cara jepitan atau tendangan seperti menggunting bagian tubuh lawan guna menjantuhkan dan mencoba mengunci lawan.

10. Sikap BerbaringĀ 

Teknik ini biasanya di lakukan ketika mencoba bertahan dari serangan lawan saat situasi sudah terpojok. Jadi ketika kita dalam posisi jatuh, kita masih bisa membela diri dengan cara membalikan keadaan. Teknik ini ada 3 bagian yakni sikap miring, terlentang dan telungkup.

Demikian beberapa teknik dasar pencak silat untuk di pelajari bagi para pemula. Dan untuk itu di perlukan latihan yang rutin dan serius agar teknik teknik tersebut segera mampu di kuasai dengan baik.

Related For Teknik Dasar Pencak Silat Untuk Pemula Dan Penjelasannya