Menu

Teknik Dasar Memberi Dan Menerima Tongkat Pada Lari Estafet

3 April 2019 | Lari

 

Teknik Dasar Memberi Dan Menerima Tongkat Pada Lari Estafet.

Teknik Dasar Memberi Dan Menerima Tongkat Pada Lari Estafet. Lari estafet atau juga biasa di sebut lari sambung merupakan salah satu jenis lari atletik yang di perlombakan secara beregu  dan terdampat empat orang pelari. Adapun untuk pelaksanaan mereka memindahkan tongkat sambil berlari cepat. Adapun untuk jarak pemindahan tongkat antar pelari di sesuaikan dengan kelas yang di perlombakan.

Untuk itu setiap pelari baik pelari 1,2,3 dan 4 harus mampu menguasai salah satu teknik dasar dalam lari estafet yakni saat memberi dan menerima tongkat antar pelari. Karena jika sampai gagal karena kesalahan komunikasi atau kurang menguasai tekniknya, bisa berakibat fatal seperti jatuhnya tongkat estafet tersebut.

Dalam teknik dasar saat memberi dan menerima dalam lari estafet biasanya bisa di lakukan dengan dua cara. Yaitu dengan cara visual dan non visual. Dan untuk penjelasannya sebagai berikut ini.

Teknik Dasar Memberi Dan Menerima Tongkat Pada Lari Estafet :

1. Cara Visual

Teknik Dasar Memberi Dan Menerima Tongkat Pada Lari Estafet.

Pada cara visual, ketika tongkat dalam posisi di berikan oleh pelari sebelumnya, pelari yang akan menerimanya melihat dengan cara menoleh kepada pelari yang memberi tongkat. Dengan demikian pelari yang akan menerima bisa melihat dengan baik pelari sebelumnya dan posisi tongkat estafet yang akan di terimanya.

Adapun cara untuk melakukannya sebagai berikut:
– Sebelum tongkat di berikan dengan tangan kiri, penerima telah menoleh ke arah pemberi tongkat. Dengan sambil berlari, tangan kanan penerima di julurkan ke arah pemberi tongkat dengan menghadap ke atas. Keempat jari rapat kebawah, ibu jari posisi terbuka. Tongkat kemudian di berikan dari atas ke bawah.

– Seperti pada bagian di atas, telapak tangan penenerima menghadap ke belakang pemberi tongkat, keempat jari terbuka kearah dalam tongkat, kemudian tongkat di berikan dengan ayunan dari bawah ke atas.

– Hampir sama dengan cara sebelumnya, hanya saja lengan di julurkan serong belakang bawah. Keempat jari rapat menuju keluar. Ibu jari terbuka menuju kedalam. Kemudian tongkat di berikan dengan ayunan dari bawah ke atas.

2. Cara Non Visual

Teknik Dasar Memberi Dan Menerima Tongkat Pada Lari Estafet.

Adapun untuk cara non visual, pada saat tongkat akan di berikan, posisi penerima tidak melihat ke arah pemberi tongkat. Tentunya untuk teknik ini butuh latihan khusus agar segera mudah  di kuasai.

Adapaun untuk cara melakukannya sebagai berikut:
-Bisa dengan seperti cara visual, namun penerima tidak melihat ke belakang ke arah pemberi tongkat.

– Hampir sama dengan cara di atas, hanya saja ketika melakukan caranya tangan kanan benar benar menghadap ke atas. Tongkat kemudian di berikan dari atas ke bawah.

Sekedar untuk catatan, cara non visual biasanya banyak di pakai pada perlombaan lari estafet jarak 100 x 4 meter. Demikian tadi ulasan terkait cara memberi dan menerima pada lari estafet. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Memberi Dan Menerima Tongkat Pada Lari Estafet

Recent Search Terms

Page