Menu

Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya

12 July 2019 | Bela Diri


Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya
Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya
– Seperti kita ketahui, teknik dasar dari cabang olahraga beladiri taekwondo terdiri dari beberapa gerakan variasi. Mulai dari sikap kuda-kuda, teknik gerakan tendangan, gerakan pukulan dan juga gerakan sabetan atau tusukan.

Dan untuk pembahasan kali ini terakit teknik dasar melakukan gerakan pukulan dalam cabang olahraga beladiri taekwondo. Untuk teknik atau cara melakukan gerakan pukulan ini juga terdapat beberapa variasi yang harus mampu dipelajari dan dikuasi dengan baik, seperti berikut ini.

Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya

1. Yeop Jireugi

Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya
Untuk teknik gerakan pukulan ini adalah ke samping sambil tubuh posisinya dengan menghadap ke posisi depan secara lurus. Jireugi juga memiliki makna yang memukul, sementara Yeop pun artinya kesamping. Sehingga akhirnya memiliki istilah lain yakni side punch.

Meski ke samping arah pukulan yang dituju, namun sangat penting untuk bisa menjaga supaya tubuh agar tetap bisa lurus ke depan. Dalam gerakan ini, kepala juga ikut menghadap ke samping saat melakukan pukulan ke samping seperti yang ada pada contoh gambar. Sementara kaki juga perlu untuk dibuka lebar selebat bahu lebih sedikit.

2. Eolgol Jireugi

Teknik pukulan ini adalah dengan mengarahkan pukulan ke atas. Dan biasanya yang menjadi target sasaran adalah bagian dari kepala lawan tanding.

3. Arae Jireugi

Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya Untuk teknik gerakan pukulan ini dengan posisi menghadap ke bawah. Dan biasaya target yang menjadi sasaran yakni area vital dari lawan tanding.

4. Momtong Jireugi

Teknik dari gerakan pukulan ini dengan mengarah ke tengah tubuh lawan. Dan biasanya yang menjadi sasaran adalah bagian perut dan juga bagian ulu hati.

5. Chi Jireugi

Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya
Untuk teknik gerakan pukulan ini dalah dari posisi bawah ke atas di mana daguyang menjadi sasarannya. Dan gerakan pukulan ini mirip gerakan uppercut. Jika menggunakan tangan kanan sebagai pemukulnya, maka tangan kiri harus ada di samping tubuh dengan ditekukan sambil mengepal seperti biasa.

Sedangkan posisi kaki juga di pastikan untuk terbuka, tapi engan posisi depan dan belakang, yakni kaki kiri di depan dan kaki kanan yang berada di belakang dengan tumpuan berada tubuh pada bagian kaki kiri. Sementara tangan untuk memukul harus dalam posisi siap untuk menghadap ke atas seperti pada contoh gambar diatas.

6. Pyojeok Jireugi


Teknik gerakan pukulan ini sasarannya dengan menggunakan tangan sendiri. Intinya tagan sendiri kita yang diguakan sebagai bentuk imajinasi lawan kita. Oleh karena itulah, nama teknik gerakan ini juga disebut sebagai pukual imajiner.

Simple saja alasannya, karena posisi berlatih tidak ada teman yang menjadi lawan tandingnya. Untuk itu dengan membayangkan tangan sendiri sebagai lawannya. Untuk bisa memastikan gerakan detilnya, bisa untuk dikonsultasikan atau ditanyakan dengan pelatih taekwondo anda, supaya mampu mencontohkan secara nyata dari pukulan ini.

7. Dollyeo Jireugi

Teknik gerakan pukulan ini adalah dari depan kemudian menyamping dengan menyasar bagian kepala lwan sebagai targetnya.Dalam melakukan pukulan ini, tangan kanan yang menjadi aktif pada saat hendak menggunakan tangan kanan untuk memukul.

Sementara itu, sama seperti pada gerakan pukulan lainnyal. Tangan kiri juga harus berada siap di samping pinggang dengan posisi ditekuk sekaligus juga dengan sampil mengepalkan tangan tersebut.  Untuk lebih detailnya bisa dilihat pada gambar di atas .

8. Digeutja Jireugi


Teknik gerakan pukual ini adalah dengan menggunakan kedua tangan dan melakukan bentuk yang menyerupai huruf C. Di mana satu tangan melakukan pukulan ke atas dan lainnya melakukan pukulan ke peut dengan posisi mengempat.

Untuk tangan melakukan pukulan ke atas, maka posisi telapak tangan pastikan untuk menghadap ke bawah ( untuk penggunaan tangan sebelah kanan. Sedangkan untuk tangan yang melakukan pukulan bawah atau perut, pastikan terbelih dahulu telapak tangan telah menghadap ke atas ( untuk penggunaan tangan kiri).

Nah demikian tadi terkait ulasan teknik dasar gerakan pukulan dalam olahraga beladiri taekwondo. Smoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Melakukan Gerakan Pukulan Taekwondo Dan Penjelasannya