Menu

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop Dan Penjelasannya

10 June 2019 | Fitnes

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop Dan Penjelasannya

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop Dan Penjelasannya – Seperti kita ketahui, lompat tinggi adalah salah satu cabang olahraga atletik dengan melompat melewati tiang mistar dengan mengandalkan kekuatan otot perut dan otot kaki. Untuk tinggi mistar yang harus mampu dilewati dalam lompat tinggi minimal 2.5 meter, sedangkan panjang mistar minimal 3,15 meter. Lompat tinggi biasanya di lakukan dilapangan atletik dan dilakukan dengan tanpa menggunakan alat olaharaga.

Adapun untuk tujuan lompat tinggi adalah pelompat dapat mencapai lompatan dengan setinggi-tingginya. Lompat tinggi sama halnya dengan lompat jauh yang juga memerlukan beberapa unsur pokok atau teknik dasar antara lain, awalan atau sikap ancang-ancang, tumpuan atau tolakan, posisi sikap melewati mistar dan yang terakhir adalah posisi saat mendarat.

Dalam lompat tinggi terdapat beberapa jenis gaya yang sering di pertandingkan seperti gaya Gunting , Flop, Wastern Roll dan juga gaya straddle. Dan tentunya setiap gaya yang berbeda juga memiliki teknik atau cara melakukan yang berbeda pula. Dan untuk kali ini yang akan kita bahas terkait teknik dasar lompat tinggi gata Flop.

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop Dan Penjelasannya

Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop Dan Penjelasannya
a. Teknik Dasar Awalan / Ancang-ancang

Adapun cara untuk melakukan gerakan teknik awalan dalam lompat tinggi gaya flop adalah sebagai berikut ini:
1. Lari awalan atau ancang-ancang sebagian lurus dan sebagian lari melengkung.
2. Berlari 3-6 langkah pada bagian yang lurus. Lari ancang-ancang pada bagian yang lurus dengan badan tegak.
3. Tambah kecepatan lari ancang-ancang dengan langkah lebar dan penuh kekuatan.
4. Condongkan badan ke arah dalam pada bagian lengkung. Bahu lebih rendah [ada bagian lengkung daripada bahu yang di luar lengkungan.
5. Teruskan menambah kecepatan lari ancang-ancang denganlangkah-langkah yang penuh kekuatan. Dengan penekanan khusus doron kuat pada langkah terakhir.

b. Latihan Tolakan

Adapun cara untuk melakukan gerakan latihan tolakan dalam lompat tinggi gaya flop adalah sebagai berikut ini:
1. Langkah akhir pada ancang-ancang atau awalan adalah lebih pendel. Kaki yang bertolak harus mendarat dengan cepat dan dengan gerak percepatan. Jari-jari kaki menunjuk ke arah posisi mendatar, kaki tidak harus parale dengan bagian depan tempat mendarat.
2. Naikan paha kaki bebas dengan cepat ke posisi horizontal dan pertahankan posisi, ayun lengan ke atas setinggi kepala dan tetap pada posisi tersebut. Luruskan sendi kaki, lutut dan juga sendi pinggul.

c. Latihan Teknik Melewati Mistar

Adapun cara untuk melakukan gerakan melewati mistar dalam lompat tinggi gaya flop adalah sebagai berikut ini:
1. Sesudah bertolak, teruskan untuk memelihara sikap kaki yang bebas dalam posisi horizontal. Kaki yang bertolak agar tetap dalam posisi yang diluruskan.
2. Lalukan gerakan lengan kiri sebagai lengan yang mendahului melewati mistar lompat.
3. Angkat naik lebih tinggi pinggang sambil melewati mistar.
4. Bila pinggang telah melewati mistar, tarik kepala ke dada dan luruskan kaki.

d. Latihan Teknik Mendarat

Adapun cara untuk melakukan gerakan gerakan mendarat dalam lompat tinggi gaya flop adalah sebagai berikut ini:
Untuk latihan teknik mendarat di lakukan dengan seluruh punggung yang dibantu dengan lengan agar lutut tetap terpisah pada saat waktu melakukan pendaratan atau mendarat.

Nah, demikian tadi terkait teknik dasar lompat tinggi gaya flop yang juga sudah disertai dengan penjelasannya. Untuk bisa menguasai teknik lompat tinggi gaya flop dengan baik dan benar tentunya diperlukan sistem latihan yang serius dan konsisten. Terlebih bagi kamu yang mungkin baru mempelajari cabang olahraga lompat tinggi. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Lompat Tinggi Gaya Flop Dan Penjelasannya