Menu

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok / Ortodock

16 May 2019 | Fitnes

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok / Ortodock

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok / Ortodock. Dalam lompat jauh terdapat beberapa gaya atau jenis yaitu lompat jauh gaya melayang di udara, menggantung dan juga gaya jongkok atau biasa juga dikenal sebagai gaya Ortodock. Nah untuk ulasan kali ini yang akan di bahas terkait lompat jauh gaya jongkok. Setelah jenis gaya lainnya juga telah di bahas sebelumnya.

Sebelum kita mempelajari terkait teknik dasar lompat jauh gaya Jongkok atau Ortodock. Sebaiknya kita mengerti dahalu apa yang di maksud dengan lompat jauh? Lompat jauh adalah gerakan berpindah tempat dari satu titik (tempat) ke tempat lainyny dengan cara menolakan satu kaki keatas depan sejauh jauhnya. Mengapa untuk tolakan dilakukan dengan hanya satu kaki? jawabnya adalah inilah yang membedakan antara lompat degan loncat. Karena pada umumnya kalau loncat menggunakan tumpuan dua kaki secara bersamaan atau barengan seperti dalam loncat indah, loncat harimau dan juga olahraga senam lantai.

Tujuan dari lompat jauh adalah melakukan lompat dengan sejauh mungki dengan teknik yang benar. Dengan tanpa menguasai teknik yang benar, tentunya lompatan bisa saja tidak maksimal dan kurang jauh. Untuk itu tekni-teknik dasar dari lompat jauh merupakan materi pokok yang harus terlebih dahulu dikuasai, terutama bagi yang masih tahap pemula.

Kembali ke intin dari topik pembahasan kali ini, yakni terkain teknik dasar dari lompat jauh gaya jongkok atau ortodok. Perlu diketahui, lompat jauh gaya jongkook merupakan gaya yang paling tua dalam lompat jauh. Gaya jongkok merupakan gaya lompat jauh yang paling mudah untuk dilakukan. Karena pelompat hanya perlu menekuk kedua kakiknya saat melayang di udara seperti gerakan sedang jongkok. Jadi pengertian dari lompat jauh gaya jongkok adalah gerakan lompat jauh, dimana badan atau tubuh seperti sedang jongkok di udara.

Lantas bagaimana cara melakukan gerkan lompat jauh gaya jongkok dengam baik dan benar? Untuk itu kamu perlu terlebih dahulu mengetaui dan mempelajari teknik dasarnya terlebih dahulu. Sama seperti lompat jauh gaya lainnya namun hanya sedikit perbedaan seperti yang akan di ulas berikut ini.

Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok / Ortodock:

1. Awalan

Lompat jauh diawali dengan gerkan lari seceepatcepatya pada lintasan awalan lari, dengan jarak ideal bekisar 35-45 meter. Saat melakukan lari awalan, sebaiknya dilakukan dengan kecepatan tinggi sampai pada balok atau papan tumpuan tanpa merubah langkah kaki. Karena gerakan awalan ini yang akan sangat menentukan daya dorong tubuh ke depan. Dengan gerakan lari semakin cepat melakukan lari awalan, maka akan semakin tinggi atau besar tenaga inersia yang di hasilkan untuk membawa tubuh kedepan. Sehingga hasil lompatanpun akan semakin jauh pula.

2. Tolakan / Tumpuan

Tolakan atau tumpuan dalam lompat jauh adalah gerakan menolak menggunakan satu kaki ke arah atas depa yang dilakukan pas di atas balo atau papan tumpuan lompat jauh. Kenapa tolakan pada lompat jauh hanya di lakukan dengan satu kaki saja? Karena inilah yang membedakan antara lompat dengan loncat. Karena pada umumnya kalau loncat menggunakan tumpuan dua kaki secara bersamaan atau barengan seperti dalam loncat indah, loncat harimau dan juga olahraga senam lantai.

Tolakan yang benar dan maksimal akan menjadi faktor yang mendukung keberhasilan lompatan. Karena semakin tinggi tubuh melayangdi udara, maka akan semakin lama mendarat dan di tambah dengan daya dorong kedepan dari awalan, akan terjadi perpaduan dorongan ke atas dan dorongan ke depan. Sehingga tubuh akan semakin lama melayang di udara pada akhirnya lompatan akan semakin jauh atau maksimal. Dan untuk melakukan tolakan yang benar adalah menggunakan kaki terkuat, boleh kaki kanan atau kaki kiri. Yang terpenting tolakan dilakuakn pas di atas papan tolak. Tolakan sekuat-kuatnya ke arah atas dengan kecondongan badan mencapai 40-50 derajat.

3. Melayang Di Udara

Gerakan saat melayang di udara pada lompat jauh gaya jongkok di mulai setelah melakukan tolakan. Maka segeralag menekuk kedua kaki secara bersamaan. Gerakan ini akan tampak seperti melakukan gerakan jongkok di udara dengan kedua tangan lurus ke depan.

4. Mendarat 

Gerakan mendaray dapat dilakukan dengan melurusakan kedua kaki ke depan, tetapi dengan tetap mempertahankan kecondongan badan. Mendarat menggunakan kedua kaki bersamaan dimulau dengan ujung kaki dan dilanjutkan dengan gerakan ngeper agar tidak terjadi cidera pada otot atau persendian kaki. Dan gerakan mendarat kemudian di akhiri dengan melangkahkan kaki ke depan keluar dari bak lompatan.

Demikian tadi terkait teknik dasar lompat jauh gaya jongkok atau ortodok. Dengan sudah mengetahui teknik dasarnya dengan baik, diharapkan akan mampu menghasilkan lompatan dengan sejauh mungkin atau lebih maksimal dari yang di targetkan. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Lompat Jauh Gaya Jongkok / Ortodock