Menu

Teknik Dasar Lempar Cakram Dan Penjelasannya

24 July 2019 | Olahraga

Teknik Dasar Lempar Cakram Dan Penjelasannya
Teknik Dasar Lempar Cakram Dan Penjelasannya
– Lempar cakram merupakan salah satu dari cabang olahraga atletik seperti halnya tolak peluru dan juga lempar lembing. Dalam lempar cakram, ada 4 jenis teknik dasar yang harus di kuasai dengan baik dan benar, mulari dari teknik cara memegang cakram, teknik awalan, teknik melempar cakram dan terkahir teknik akhiran. Dan tentunya, setiap teknik yang disebutkan tadi memiliki aturan atau cara melakukannya yang berbeda beda pula.

Pengertian Lempar Cakram

Sebelum kita membahas lebih jauh terkait teknik dasar lempar cakram. Akan lebih baik jika mengenal dan mengerti terlebih dahulu yang dimaksud olahraga lempar cakram ini. Secara singkat, lempar cakram merupakan bagian dari olahraga atletik dengan teknik melempar menggunakan benda yang berbentuk piring yang terbuat dari kayu.

Untuk ukuran dan berat cakram, bagi atlet putri dan putra ada perbedaan. Atlet putri menggunakan cakram yang memiliki berat 1 kg dan dengan garis tengah 180-182mm. Sementara itu untuk atlet putra, menggunakan cakram yang memiliki berat 2kg dan dengan garis tengah 219-221 mm.

Ok, langsung saja kita kembai ke inti pembahasan dalam ulasan kali ini. Terkait teknik dasar lempar cakram dan penjelasannya. Dan tentunya ini perlu dipelajari dengan baik dan benar, terutama bagi kamu yang mulai menggemari atau memainkan olahraga lempar cakra, supaya bisa segera menguasi tekniknya dengan cepat. Yuk langsung saja di simak!

Teknik Dasar Lempar Cakram Dan Penjelasannya

Teknik Dasar Lempar Cakram Dan Penjelasannya
1. Teknik Memegang Cakram

Tahapan teknik awal yang harus kamu kuasai yakni teknik atau cara memegang cakram dengan baik dan benar. Tekniknya yang benar, ketika memegang cakram dengan diletakan pada tangan sebelah kiri dan telapak tangan kanan diletakakan pada bagian tengah cakram. Empat jari sedikit dibuka atau dilebarkan dengan menutupi bagian cakram, sementara ibu jari dibiarkan dalam kondisi yang bebas.

2. Teknik Awalan

Teknik awalan atau juga disebut tahap persiapan ini sangat penting. Karena nantinya bisa menentukan hasil lemparan yang dilakukan. Jadi, jika posisi atlet benar, maka akan bisa menghasilkan lemparan yang baik pula. Untuk bisa menguasai teknik awalan, harus memperhatikan beberapa posisi penting yang harus dilakukan seperti cara memegang cakram dengan benar pada tahap awalan dengan meletakan cakram pada tangan kiri menghadap ke arah atas. Sedangkan tangan kanan diletakan di atas bagian atas dengan posisi seperti menutupi dari atas. Tahap awalam melempar cakram dilakukan dengan gerakan berputar. Terdapat 3 macam putaran yang harus di kuasai, yaitu  1 1/4 putaran, 1 1/2 putaran dan 1 3/4 putaran. Tahap awalan ini adalah awal menyamping.

3. Teknik Melempar

Teknik berikutnya yang harus dikuasai yaitu teknik melempar cakram atau gaya lempar cakram. Tahap ini berkaitan dengan gaya melempar cakram yang bisa digunakan pada saat melakukan lemparan. Pada tahap ini, pertama-tama posisi kaki dibuka dengan selebar bahu. Kedua tangan tangan yang memegang cakram di luruskan, selanjutnya ayunkan dengan memutar atau memilih tubuh ke arah kanan. Lakukan gerakan mengayun cakram beberapa kali sampi benar, lalu lakukan lemparan. Pada ayunan terakhir, lepaskan cakram ke udara dengan membentuk sudut lemparan lemparan 45 derajat.

4. Teknik Akhiran

Untuk teknik terakhir, yakni teknik akhiran yang berhubungan dengan sikap dan gaya yang dilakukan setelah melakukan lemparan. Adapun posisi yang benar, yaitu tubuh mengikuti gerakan memutar untuk menjaga keseimbangan agar tubuh tidak ikut terlempar. Perlu diperhatikan, jangan mencoba atau berusaha melawan putaran karena dapat menyebabkan terjatuh atau hilang keseimbangan.

Demikian tadi ulasan singkat terkait teknik dasar lempar cakram dan penjelasannya. Smoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Lempar Cakram Dan Penjelasannya