Menu

Teknik Dasar Lari Gawang Dan Penjelasannya

6 April 2019 | Lari

Teknik Dasar Lari Gawang Dan Penjelasannya

Teknik Dasar Lari Gawang Dan Penjelasannya. Lari gawang merupakan salah satu jenis dari kejuaraan lari yang sering di pertandingkan baik untuk tingkat nasional maupun internasional. Adapun lari gawang adalah lari cepat dengan menempuh jarak tertentu dengan melewati gawang gawang yang tingginya sudah di atur dalam perlombaan tersebut.

Untuk lari gawang baik lari gawang yang menempuk jarak lintasan lari 110 meter, 200 meter dan juga 400 meter untuk putra, atau 100 meter untuk putti harus di lakukan sesuai aturan dengan seperti gerak lari cepat. Dan pada saat melompati gawang, gerakan harus di lakukan secara beruntun, lancer, rileks dan dengan koordinasi gerakan tubuh yang baik. Sebaiknya pada saat berlari, usahakan untuk tidak terlalu lama melayang, sehingga kecpatan tetap terjaga dengan baik. Serta usahakan berada di atas gawang, keseimbangan badan juga tetap terjaga dengan baik.

Untuk itu perlu di lakukan dengan latihan yang seriusa dan konsisten ddan tidak mudah menyerah terutama bagi yang masih tahap pemula. Untuk itu melakukan latihan lari gawang, sebaiknya lebih dulu mengerti dari teknik teknik dasar lari gawang, seperti yang di ulas dalam artikel berikut ini:

Teknik Dasar Lari Gawang Dan Penjelasannya

1. Dimulai Dari Start Gawang Pertama

Start yang bisa di pakai dalam lari gawang adalah start jongkok. Adapun faktot faktor yang harus di perhatikan pertama kali adalah gerakan yang di lakukan dari start gawang pertama. Ketika waktu akan melewati gawang, Anda perlu memperhatikan beberapa hal hal sebagai berikut ini.

– Pada waktu bertolak, pinggang harus di angkat tinggi dan cukup jauh dari ujung gawang yang akan dilewati. Manfaatnya adalah agar mendapatkan lompatan yang tidak terlalu tinggi di atas gawang. Karena lompatan yang tinggi bisa menyita waktu lari dan tentunya bisa mengurangi kecepatan lari.

– Posisi lutut kaki yang berada didepan kemudian di angkat tinggi, hingga menyerupai atau membentuk sudut kurang lebih antara 90-95 derajat. Sedang lutut kaki belakang lurus dengan tumit di angkat tinggi. Dan dengan bersamaan menolakkan kaki belakang, lutut kaki depan diluruska ke depan dengan gerakan menedang tumit untuk melewati gawang seperti saat menendang dalam olahraga beladiri.

2. Sikap Badan Di Atas Gawang

– Gerakn tubuh pada waktu di atas gawang sebaiknya di posisikan serendah mungkin dengan badak agak di condongkan kedepan dan posisi lutut agak di bengkokan.

– Kaki yang di gunakan untuk bertolak ditarik ke depan dengan jalan memutar ke samping. Posisi kaki ini harus di angkat tinggi dengan tujuan untuk memberikan kebebasab menjangkau ke depan membuat langkah yang panjang.

– Setelah posisi kaki depan melewati gawang, segera di turunkan ke tanah dalam keadaan yang lurus.

– Lengan harus bisa membantu menciptakan keseimbangan ketika berada di atas gawang. Sehingga dalam posisi ini bisa membatu gerak dorong ke depan.

– Dan pada saat di atas gawang, usahakan badan untuk di condongkan kedepan untuk menjaga gerakan.

3. Sikap Badan Pada Dan Gerkan Kaki Pada Saat Mendarat Kaki Dalam Lurus

– Pada saat posisi mendarat, usahan dalam keadaan yang lurus.

– Bagian kaki belakang dalam keadaan di tekuk jangan, tetapi tetapkan terangkat tinggi supaya bisa bergerak menjangkau kedepan dnegan usaha membuat langkah yang panjang.

– Lalu badan di condongkan kedepan untuk membatu membawa berat badan, sehingga kaki yang berada di atas mudah bergerak pada langkah kedepan.

4. Langkah Di Antara Gawang

Jumlah langkah di antara gawang tentunya akan berbeda beda tergantung pada jarak perlombaan. Tinggi gawang, tinggi badan, dan panjang tungkai kaki, serta kemampuan kecepatan lari yang di miliki pelari. Namun pada umumnya para pelari gawang akan berusahan untuk bisa membuat langkah mulai dari start ke gawang antara 7-9 langkah untuk lari gawang 100 meter dan 110 meter dan tiga langkah untuk mencapai gawang yang berikutnya.

5. Dari Gawang Terakhir Sampai Garis Finish

Setelah para pelari bisa melompati gawang terakhir, yang harus segera untuk di lakukan adalah sebagai berikut.

– Condongkan badan ke depan

–  Berlari secepat cepatnya sampai melewati garis finish dengan membusungkan dada ke depan.

Demikian tadi beberapa teknik dasar lari gawang yang dapat untuk di pelajari untuk melakukan latihan lari gawang. Pada dasarnya lari gawang termasuk lari jarak pendek dengan jarak antara 100 – 400 meter. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

 

Related For Teknik Dasar Lari Gawang Dan Penjelasannya