Menu

Teknik Dasar Langkah Buah Catur Yang Harus Diketahui

20 July 2019 | Olahraga

Teknik Dasar Langkah Buah Catur Yang Harus Diketahui
Teknik Dasar Langkah Buah Catur Yang Harus Diketahui
– Bagi anda yang mulai menggemari atau belajar permainan catur, langkah pertama harus mengerti teknik dasar langkah buah catur yang terdiri dari pion, benteng, kuda, gajah, menteri dan raja. Hal ini harus mampu dipelajari dan dikuasai dengan baik dan benar. Karena setiah buah catur tentu memiliki metode langkah dan cara memakan buah catur lawan dengan cara yang berbeda-beda, seperti yang dalam ulasan berikut ini.

Teknik Dasar Langkah Buah Catur Yang Harus Diketahui

Teknik Dasar Langkah Buah Catur Yang Harus Diketahui

1. Pion

Pion dalan permainan catur terdapat 8 jumlahnya dan berdiri di barisan depan dengan sejajar pada awal penataan buah catur. Adapaun langkah pion pada langkah pertama bisa langsug dua petak. Dan selajutnya hanya diperbolehkan bergerak satu petak saja dengan maju lurus kedepan. Selama ada buah catur didepannya, maka pion tidak dapat melewati atau memakannya. Karena cara pion memakan buah catur lawan secara diagonal bisa kekanan atau keriri secara satu langkah kedepan saja dan tidak boleh kebelakang.

2. Benteng

Dalam permainan catur, jumlah benteng terdapat dua buah. Untuk menggerakan benteng termasuk cara memakannya cukup mudah. Karena pergerakan benteng bisa sesuka hati baik secara diagonal maupun vertikal baik kedepan dan belakang atau kesamping kanan dan kiri. Benteng merupakan salah satu buah catur yang sangat penting sebagai bagian pertahanan.

3. Kuda 

Sama dengan benteng , jumlah kuda dalam permainan catur juga dua buah. Dan cara untuk melangkahkan atau memakan buah catur lawan dengan membentuk huruf L, dengan membentuk sejauh 2 petak kesalah satu arah dengan ditambah satu petak lagi yang posisinya 90 derajat dari gerak pertama. Keuntungan dari gerak kuda, dengan bisa melangkahi buah catur yang ada dipetak melangkahnya, sehingga membuat kuda bisa merangsek pada pertahanan lawan dengan mudah dan terkadang bisa mengejutkan.

4. Gajah

Sama dengan benteng dan kuda, jumlah gajah dalam permainan catur juga 2 dan harus di posisi yang berbeda hitam dan putih, serta tidak boleh gonta-ganti posisi warna. Untuk melakukan gerakah gajah cukup mudah dengan arah diagonal sesuai dengan warna kota awal yang ditempati. Semisal gajah yang berada di kotak atau petak hitam, maka seterusnya langkahnya juga harus di posisi hitam. Dan hal ini juga berlaku saat gajah akan memakan buah catur dari lawan.

5. Menteri

Menteri merupakan buah catur yang paling perkasa dan fleksibel. Karena bisa bergerak dengan secara leluasa atau bebas kesegala arah baik secara vertikal, horiontal maupun diagonal dan ini bisa juga dilakukan saat mencoba memakan buah catur dari lawan. Namun yang perlu diketahui, jika langkah menteri ini tidak dapat melewati buah catur timnya sendiri saat sedang bergerak. Karena bisa bergerak dengan bebas, tentu membuat keberadaan menteri sangat penting untuk dipertahankan hingga akhir pertandingan. Karena dengan batuan menteri bisa untuk mematikan gerak raja lawan supaya bisa mengakhiri permainan dengan kemenangan. Dalam permainan catur, jumlah menteri hanya satu saja atau tunggal.

6. Raja

Raja merupakan salah satu buah catur yang paling lemah. Karena raja hanya dapat bergerak ke segala penjuru arah sebanyak satu petak saja jauhnya. Jika raja dalam petak yang terancam atau tekanan lawan, maka raja dalam posisi skak. Selama raja masih dapat melakukan perpindahan, maka posisi akan terus  bertahan di skak. Untuk itu, dibutuhkan posisi skak mat, yang berarti kemana pun raja pergi, posisinya sudah terdesak dan harus termakan oleh buah catur dari lawan bertanding.

Demikian tadi terkait ulasan singkat teknik dasar langkah buah catur yang harus diketahui. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Langkah Buah Catur Yang Harus Diketahui