Menu

Teknik Dasar Kiper Fustal Yang Harus Dikuasai Dengan Baik

26 March 2019 | Futsal

Teknik Dasar Kiper Fustal Yang Harus Dikuasai Dengan Baik

Teknik Dasar Kiper Fustal Yang Harus Dikuasai Dengan Baik. Dalam permainan olah raga futsal, peranan seorang kiper jelas sangat besar untuk menentukan hasil akhir dari pertandingan. Karena pemain yang menempati posisi kiper mengemban tanggung jawab yang besar untuk mengamankan gawangnya dari kebobolan atau kemasukan gol dari serangan lawan.

Untuk itu bagi yang bermain futsal dan menempati posisi kiper, sebaiknya lebih dulu mempelajari teknik dasarnya. Karena untuk menjadi seorang kiper yang tangguh di bawah mistar gawang juga bukan hal mudah dan perlu latihan yang rutin dan serius. Selain itu seorang kiper futsal juga harus memiliki beberapa kemampuan yang wajib di kuasai agar menjadi penjaga gawang yag handal. Dan berikut ini kami mencoba memberi ulasan terkait teknik dasar kiper futsal yang harus mampu di kuasai dengan baik. Di simak dengan baik ya.

Teknik Dasar Kiper Fustal Yang Harus Dikuasai Dengan Baik

1. Latihan Refleks

Sebelumnya kita harus mengetahui dulu arti refleks yang merupakan gerakan spontan yang harus di lakukan dalam situasi tertentu. Begitu juga dengan seorang kiper juga harus memiliki gerak refleks yang bagus. Hal ini berguna saat mencoba mengantisipasi arah datangnya bola yang tak terduga atau berbelok arah ke gawang sendiri setelah bola mengenai anggota badan rekan satu tim atau kubu lawan.

Untuk proses latihan simplenya, bisa dengan meminta 3 teman atau lebih untuk melakukan tembakan ke gawang saat saat latihan dengan secara bergantian, dan dengan tempo yang cepat dan berbeda beda arah. Dan lakukan itu dengan berulang ulang sampai di rasa mahir.

2. Menangkap Bola

Menagkap bola yang datang dengan baik dan benar harus mampu di kuasai seorang kiper. Bahkan ini bisa jadi teknik dasar yang paling utama bagi seorang kiper. Jangan sampai gagal menangkap bola  yang justru bisa menguntungkan kubu lawan. Seperti bola rebound yang dengan mudah bisa di sambar dan berujung dengan gol lawan.

3. Melindungi Semua Sudut

Karena seorang kiper bertugas mengamankan gawangnya dari kebobolan. Untuk itu harus mampu membaca arah serangan atu datangnya bola yang bisa masuk di setiap sudut gawang. Dan sebagai seorang kiper tentunya harus mampu bergerak dengan baik kekiri dan kekanan baik atas atau bawah dan semua sudut, dan mampu di jangkau dengan tangan. Agar tidak ada celah ruang tembak  yang bisa di manfaatkan buku lawan untuk mencetak gol.

4. Menghalau Bola

Karena tugas utama seorang kiper mencegah gawangnya dari kemasukan gol kubu lawan. Tentunya harus mampu menghalau bola yang datang dan akan masuk ke gawang dengan cara apapun. Bisa dengan menangkap bola, mengeblok atau meninju bola, menendang bola dan menjatuhkan badan saat mencoba menghalau bola.

5. Menjatuhkan Diri

Pada moment atau situasi tertentu, seorang kiper harus mau dan bisa menjatuhkan badannya saat mencoba menghalau bola yang akan masuk ke gawang. Dan saat menjatuhkan badan ini bisa menghalau bola dengan menangka dengan tangan, menepis atau mengeblok dengan tangan atau bahkan mengeblok arah bola dengan anggota badan semisal dada, kaki, paha dan lain sebagainya.

Demikian terkait ulasan teknik dasar kiper futsal yang harus mampu di kuasai dengan baik bagi pemain yang ingin bermain di posisi ini. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olah raga.

 

Related For Teknik Dasar Kiper Fustal Yang Harus Dikuasai Dengan Baik

Recent Search Terms

Page