Menu

Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepakbola

28 April 2019 | Sepakbola

Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepakbola

Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepakbola. Sebelum kita membahas terkait teknik dasar dribbling dalam permainan sepakbola. Terlebih dahulu kita pelajari apa arti dribbling. Dribbling sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti menggiring bola. Dalam artian dengan gerakan lari dan menggunakan kaki untuk terus mendorong bola agar terus bergulir di atas tanah saat bermain sepakbola.

Tentunya ada tujuan menggiring bola saat kita bermain sepakbola. Yang pertama bisa untuk membawa bola terus maju ke depan menembus pertahanan lawan. Untuk menghindarkan bola agar tidak di rebut lawan dan juga untuk bisa menguasai bola dengan sepenuhnya.

Untuk itu, diharapkan semua pemain dalam satu tim mampu menguasai teknik dribbling dengan baik dan benar. Karena kemampuan dribbling bisa mementukan dan sangat penting untuk penguasaan bola. Maka dari itu menggiring bola harus di lakukan dengan baik dan benar sesuai dengan tujuan yang kita maksud.

Bagi seorang pemain yang berposisi sebagai striker atau penyerang, kemampuan dribbling bola sangat penting agar bola yang sedang di kuasai tidak mudah di rebut pemain lawan. Agar nantinya mampu mencari celah peluang untuk melakukan shooting atau tendangan ke arah gawang lawan yang di harapkan mampu berujung dengan gol yang di incar.

Untuk di ketahui, teknik dasar dribbling di bagi dalam beberapa bentuk atau variasi. Ada dribbling yang menggunakan kaki bagian lauar, ada dribbling dengan menggunakan kaki bagian dalam dan ada juga yang melakukan dribbling dengan menggunakan bagian punggung kaki. Untuk lebih jelasnya bisa di simak ulasan berikut ini terkait teknik cara melakukan dribbling dalam permainan sepakbola.

Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepakbola:

1. Dribbling Menggunakan Kaki Bagian Dalam

Cara untuk melakukan teknik ini adalah sebagai berikut. Sentuhlah bola dengan sisi kaki bagian dalam dan posisikan kakimu tegak lurus terhadap bola. Kemudian tendanglah dengan pelan untuk mempertahankan kontrol bola dan pusatkan kekuatan tendangan pada bagian tengah bola sehingga memudahkan mengontrol bola.

2. Dribbling Dengan Menggunakan Kaki Bagian Luar

Untuk melakukan teknik ini adalah sebagai berikut:
– Berdiri posisi melangkah (kaki kanan di depan), berat tubuh bertumpu pada kaki belakang (kaki kiri) dengan lutut agak di tekuk.
– Letakkan bola di depan depan dan kedua lengan fungsikan untuk menjaga keseimbangan.
– Dorong bola ke depan secaar perlahan dengan menggunakan punggung kaki bagian luar
– Usahakan agar kedua kaki selalu dekat dengan bola dan sesuaikan dengan irama langkah dengan bola.

Kesalahan yang sering di lakukan ketika menggiring bola dengan punggung kaki bagian luar yaitu, badan kaku dan tidak condong ke depan. Keduak lengan tidak rileks dan juga salah satu atau kedua kaki terlalu jauh dengan bola. Serta lutut tidak di tekuk dan kaki dan bola terlalu jarang bersentuhan.

3. Dribbling menggunakan Kura Kura / Punggung Kaki

Yang di maksud kura kura kaki terletak pada bagian tempat tali sepatu. Bagi pemain pemula bisa berlatih dengan cara posisi badan tegak lurus kedepan tidak menyamping. Sentuhlah bola dengan menggunakan punggung kaki. Lalu lakukan gerakan tersebut sama dengan melakukan latihan pada dribbling menggunakan sisi kaki bagian luar seperti yang di ulas sebelumnya.

Kesalahan umum yang sering dilakukan oleh pemula adalah melakukan dribbling dengan menggunakan ujung jari kaki. Cara ini tidak hanya menyebabkan sakit pada bagian ujung jari kaki, namun juga dapat menyebabkan cidera. Jika seorang pemain lawan melakukan tackling terlalu keras pada pemain saat mencoba menendang bola.

Demikian tadi teknik dasar cara melakukan dribbling atau menggiring bola dalam permainan sepakbola. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Dasar Dribbling Dalam Permainan Sepakbola