Menu

Teknik Dasar Cara Melakukan Gerakan Salto Depan Dalam Senam Lantai

7 June 2019 | Fitnes

Teknik Dasar Cara Melakukan Gerakan Salto Depan Dalam Senam Lantai
Teknik Dasar Cara Melakukan Gerakan Salto Depan Dalam Senam Lantai
– Seperti kita ketahui, senam merupakan salah satu cabang olahraga yang sangat membutuhkan apa yang namanya kekuatan, kelentukan dan juga keserasian. Senam juga merupakan satu olahraga rekratif yang sangat baik untuk kesehatan. Senam juga banyak yang dilakukan secara bersama-sama atau secara masaal seperti senam kesehatan jasmani (SKJ) yang dilaksanakan hampir di seluruk sekolah dan juga kantor-kantor intansi pada hari Jum’at. Karena senam merupakan salah satu bentuk olahraga yang disukai dan dapat dilakukan oleh semua umur, dari anak-anak kecil hingga para orang tua.

Dalam olahraga senam terdapat juga banyak variasia atau jenisnya dan salah satunya senam lantai. Senam lantai adalah senam yang di lakukan dengan menggunakan matras dan unsur-unsur gerakannya terdiri dari mengguling, melompat/meloncat dan juga berputara di udara dengan menumpu pada tangan atau juga kaki untuk mempertahankan sikap keseimbangan atau meloncat baik ke depan maupun ke belakang.

Banyak sekali variasi atau jenis-jenis gerakan dalam senam lantai yang mengandalkan dengan beberapa gerakan dan salah satunya adalah gerakan salto kedepan seperti yang akan diulas dalam artikel ini. Lantas apa yang dimaksud dengan gerakan salto depan, dan bagaimana pula cara melakukan gerakannya? berikut penjelasannya.

Sebelum kita mempelajari teknik dasar cara melakukan gerakan salto ke depan dalam senam lantai, mari kita kaji terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan gerakan salto depan? Salto depan adalah gerakan atau bentuk latihan berupa gerakan dengan berguling di udara. Bila arahnya ke depan, maka disebut salto depan. Sementara jika arah gerakan yang dilakukan ke belakang, maka disebut sebagai back flip.

Untuk melakukan gerakan salto depan memang tidak langsung mudah dipraktekan atau dilakukan. Untuk itu diperlukan latihan yang rutin dan konsisten agar segera mampu untuk dikuasai dengan baik. Hal ini tentunya sangat penting, karena dalam mencoba melakukan gerakan salto depan terkadang tidak langsung bisa, terutama bagi yang masih tahap pemula sering mengalami kegagalan. Untuk itu mari kita simak cara melakukan gerakan salto depan dalam senam lanatai berikut ini.

Teknik Dasar Cara Melakukan Gerakan Salto Dalam Senam Lantai

Adapun cara untuk melakukan gerakan salto depan yang baik dan benar adalah sebagai berikut ini:

1. Awalan lari beberapa langkah.
2. Selanjutnya menolak dengan kedua kaki ke atas dengan sekuat mungkin, bersamaan dengan kedua lengan yang diayunkan kuat ke atas.
3. Dan setelah mencapai pada titik tertinggi tangan digerakan memeluk lutut dan posisi kepala menunduk.
4. Sesaat akan mendarat kaki dilepaskan, lutut lurus sesaat kemudian mendarat dalam posisi berdiri.

Beberapa Kesalahan Saat Melakukan Gerakan Salto Ke Depan

1. Tolakam kaki yang kurang kuat.
2. Lengan tidak mengayun kuat ke atas.
3. Arah loncatan terlalu depan yang mengakibatkan loncatan kurang tinggi. Dan kesalahan ini bisa mengakibatkan jatuh dalam posisi duduk.
4. Badan kurang bulat karena lutut tidak dilipat ke dada atau tangan tidak memeluk lutut dan kepala juga tidak menunduk.
5. Pada saat mendarat lengan tidak direntangkan ke atas, tetapi diayunkan ke depan sehingga bisa mengurangi keseimbangan pada saat mendarat.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Gerakan Salto ke Depan:

1. Tolakan kedua kaki harus benar-benar seimbang dengan posisi badan.
2. Loncatan kaki harus benar-benar tinggi.
3. MemutarĀ  badang dengan cepat.

Nah demikian tadi terkait ulasan teknik dasar cara melakukan gerakan salto ke depan dalam senam lantai yang juga disertai dengan uraian beberapa kesalahan umum yang sering dilakukan. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Incoming search terms:

Related For Teknik Dasar Cara Melakukan Gerakan Salto Depan Dalam Senam Lantai