Menu

Teknik Dan Tips Mengambil Tendangan Pinalti Yang Baik

23 April 2019 | Futsal

Teknik Dan Tips Mengambil Tendangan Pinalti Yang Baik

Teknik Dan Tips Mengambil Tendangan Pinalti Yang Baik. Semua pemain futsal hendaknya juga menguasai teknik menendang pinalti. Karena hasil dari tendangan pinalti bisa menentukan hasil pertandingan untuk meraih kemenangan. Untuk itu tendangan pinalti perlu dilakukan dengan baik dan benar agar bisa menjadi sebuah gol dan masuk ke sasaran yang dituju.

Untuk bisa menendang pinalti dengan baik, yang harus dipelajari terlebih dahulu tekniknya atau jenis tipe tendangan yang di lakukan. Dalam permainan futsal, untuk jenis tendangan pinalti ada dua yakni teknik plancing dan teknik blasting. Dan tentunya keduanya memiliki caranya tersendiri sendiri.

Teknik Dan Tips Mengambil Tendangan Pinalti Yang Baik:

Plancing

Untuk tendangan pinalti tipe ini, biasanya penendang lebih mengutamakan penempatan bola yang akurat atau shooot accuracy (penendang biasa di sebut Placer). Tendangan  biasa dilakukan dengan menggunakan kaki bagian dalam untuk mengatur tendangan yang akurat.

Blasting

Tipe penendang pinalti ini lebih mengutamakan shoot power (penendang biasa di sebut Blaster). Untuk menghasilkan tendangan dengan kekuatan, menggunakan punggung kaki atau kura kura kaki yang bisa membuat bola melaju keras dan kuat, hingga susah di tebak kiper lawan.

Setelah kita mengenal teknik cara menendang pinalti, selanjutnya beralih ke tips mengambil pinalti yang baik yang bertujuan membantu Anda menjadi penendang pinalti yang efektif sehingga bisa membantu tim meraih kemenangan. Berikut ini tipsnya.

1. Berlatihlah secara rutin untuk memfokuskan diri pada konsentrasi dan juga ketenangan. Poin utamanya, Anda harus mempelajari teknik untuk menjaga diri agar tetap tenang meski dibawah tekanan. Karena seperti diketahui, jika untuk menjadi eksekutor pinalti butuh mental yang tinggi.

2. Mengetahui kemampuan tendangan Anda. Jadi sebelum dipilih oleh pelatih, latihlah kemampuan menendang anda.

3. Pahami cara kiper dalam menncoba menebak tendangan atau pergerakan bola dalam moment tendangan pinalti.
– Jangan berikan isyarat pada kiper kemana arah bola akan dituju baik dengan gerakan mata atau gerakan tubuh lainnya.
– Bila kiper mendekat dan mengatakan sesuatu pada Anda sebelum tendangan pinalti diambil, sebaiknya abaikan saja. Karena itu merupakan trik kiper untuk merusak konsentrasi kita.
– Jangan menipu kiper dengan melirk kearah berlawanan, ketika bola akan diarahkan, kiper yang berpengalaman mengetahaui hal tersebut.

4. Fokus pada arah tendangan Anda sebelum mendekati bola dan jangan sampai melihat ke arah kiper.

5. Perhatikan isyarat wasit sebelum ada menendang bola.

Related For Teknik Dan Tips Mengambil Tendangan Pinalti Yang Baik