Menu

Teknik Cara Memegang Lembing Dalam Lempar lembing

31 May 2019 | Olahraga

Teknik Cara Memegang Lembing Dalam Lempar lembing
Teknik Cara Memegang Lembing Dalam Lempar lembing.
Seperti kita ketahui, lempar lembing merupakan salah satu dari cabang olahraga athletik yang kini sering dipertandingkan. Adapun dalam melakukan lempar lembing menggunakan alat bulat panjang yang berbentuk tombak dan kemudian di lempar dengan sejauh-jauhnya atau sejauh mungkin. Dan untuk ukuran prestasi dari lempar lembing di tentukan dari hasil lemparan yang paling jauh.

Adapun dalam melempar lembing terdapat beberapa teknik yang perlu diketahui dan juga dipelajari, yakni teknik memegang lembing, teknik melempar lembing dan terakhir pelepasan lembing. Dan dari ketiga teknik tersebut biasanya juga masih akan dibagi menjadi beberapa cara, seperti cara memegang lembing yang akan di ulas dalam artikel kali ini.

Cara memegang lembing yang baik dan efektif merupakan salah satu kunci penting untuk menentukan hasil lemparan. Adapun kalau dilihat dari struktur lembing, mala akan terlihat lilitan-lilitan tali pada bagian lembng yang berfungsi sebagai tempat pegangangan yang dianjurkan karean pada sekitar itu terdapat titik berat lembing yang diprediksi paling efektif untuk memegang lembing. Adapun cara untuk memegang lembing yang populer yang cara Finlandi dan cara Amerika. Meski begitu masih ada satu cara tang atau menjepit yang juga perlu pelajari dan dikuasai.

Untuk menjadi atlit lempar lembing yang profesional, hendaknya ketiga cara memegang lembing tadi mampu dipelajari dan dikuasai dengan baik. Terlebih bagi kamu yang masih tahap pemula dan mempelajari olahraga lempar lembing. Untuk itu tentunya diperlukan latihan yang rutin, serius dan juga konsisten agar segera mampu dikuasai dengan baik dan benar. Karena cara memegang lembing ini merupakan salah satu kunci atau faktor penting untuk bisa menentukan jarak lemparan yang akan dituju. Adapun untuk penjelasannya sebagai berikut ini:

Teknik Cara Memegang Lembing Dalam Lempar lembing

Teknik Cara Memegang Lembing Dalam Lempar lembing

1. Cara Finlandia

Adapun cara untuk melakukan memegang lembing dengan cara Finladia sebagai berikut ini. Yang pertama lembing diletakan pad telapak tangan dengan posisi ujung atau mata lembing serong hampir menuju arah badan. Posisi jari tengah memegang tepian atau pada pangkal ujung dari bagian belakang (dilingkarkan). Dengan dibantu ibu jari diletakan pada bagian tepi belakang dari pegangan dan pada badan lembing. Jari telunjuk harus lemas ke belakang untuk membantu menahan badan lembing. Sedangkan jari-jari yang lainnya turut juga memegang liitan pegangan di atasnya dalam keadaan lemas. Dengan cara Finlandia ini, jari tengh dan juga ibu jari memegang peranan penting untuk mendorong tali pada saat posisi melempar.

2. Cara Amerika

Cara melakukanya, pertama lembing diletakan pada telapak tangan dengan posisi ujung atau mata lembing serong hampir menuju ke arah badan. Selanjutnya jari telunjuk memegang tepian dan pangkal ujung tali bagian belakanglembing dengan dibantu ibu jari yang diletakan pada bagian tepi belakang dari pegangan dan pada bagian lembing dengan dalam posisi lurus. Sementara tiga jari lainnya berimpit dan renggang dengan jari telunjuk turut membantu dan menutupi lilitan tali pada lembing. Jadi, dengan pegangan cara Amerika ini, jari telunjuk dan ibu jari memegang peranan untuk mendorong tali pegangan lembing pada saat melempar.

3. Cara Menjepit / Tang

Caranya melakukannya cukup simple dan mudah dipelajari. Karena hanya menjepitkan lembing di antara dua jari tengah dan juga jari telunjuk, sementara jari-jari lainnya memegang biasa.

Kesalahan: Adapun kesalahan yang sering dilakukan ketika posisi memegang lembing adalah dengan tidak memegang dengan cara yang baik dan nyaman, pegangan kurang kuat, dan dengan tidak diikuti gerakan lanjutan. Bisa dibayangkan dan dilakukan ketrampilan yang sesuai dengan tujuan gerak dari lempar lembing tersebut. Untuk itu usahan untuk tidak melakukan atau bisa menghindari kesalahan-kesalahan tersebut agar mampu melempar lembing dengan sejauh mungkin, agar hasil lemparan bisa sejauh mungkin atau semaksimal mungkin.

Demikan tadi terkait ulasan cara memegang lembing dalam lempar lembing secara singkat dan jelas dengan pula sudah disertai dengan beberapa kesalahan yang sering dilakukan ketika melempat lembing. Smoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Teknik Cara Memegang Lembing Dalam Lempar lembing