Menu

Sejarah Singkat Olah Raga Lari Dan Perkembangannya

15 March 2019 | Lari

Sejarah Singkat Olah Raga Lari Dan Perkembangannya

Olah raga lari merupakan salah satu olah raga yang banyak di gemari oleh semua kalangan dari anak anak sampai orang tua baik laki laki maupun perempuan. Kenapa olah raga lari saat ini menjadi salah satu olah raga yang di gemari, karena terbilang mudah dan bisa di lakukan kapan saja dan di mana saja karena tidak harus di lapangan atau di gedung olah raga.

Seperti kita ketahui, olah raga lari bisa di lakukan di jalan jalan desa, sekitar rumah atau sambil melihat pemandangan alam sekitar . Olah raga ini tak biasa di lakukan pada pagi hari atau sore sesuai dengan kesukaan. Untuk saat ini biasanya paling ramai pada Minggu pagi dan biasa di dekat keramaian jalan raya atau CFD.

Tapi pernakah anda mempelajari atau mengetahui sejarah awal olah raga lari dan perkembangnya saat ini hingga di pertandingkan dalam beberapa event olah raga besar seperti Asean Games dan Olimpiade.

Sejarah Olah Raga Lari Dan Perkembangnya :

Menurut beberapa sumber yang terangkum. Awal muasal sejarah olah raga ini ketika seorang tentara Yunani harus berlari sepanjang 40km dari Yunano ke Athena untuk memberi kabar perihal kemenangan Yunani atas Persia pada waktu itu. Namun sayang, setelah prajurit tersebut sampai di Athena justru meninggal dunia. Dan untuk mengenang jasa prajurit tersebut kemudian ada inisiatifuntuk mengadakan perlombaan lari pada olimpiade pertama sekitar tahun 776 Sebelum Masehi.

1. Olimpiade Kuno

Kompetisi olah raga yang pertama ini berlangsung di kota Olympia. Dan cikal bakal nama oimpiade juga di ambil dari nama kota tersebut pada jaman dahulu. Pada waktu itu hanya di pertandingkan 5 cabang olah raga dengan 3 antaranya olah raga kaki. Inilah yang kemudian menjadi awal tonggak yang menjadikan olah raga lari berkembang sampai saat ini.

2. Olimpiade Modern

Olimpiade Modern pertama kali di langsungkan pada tahun 1896 dan di helat di kota Athena. Saat itu sebanyak 9 cabang olah raga di pertandingan dengan jumlah atlet yang mencapai 250 atlet. perkembangan selanjutnya olah raga lari di bagi menjadi 3 bagian.-

a. Lari jarak Pendek dengan pembangian 50m, 55m, 60m, 100m, 200m, 300m, 400m dan 500m
b. Lari jarak Sedang dengan di bagi menjadi 800m, 1.500m dan 300m
c. Lari jarak jauh ( Marathon) di bagi menjadi 5000m dan 1000m.

3. Satu Mil-4 menit

Pada waktu 6 Mei 1954, Roger Bannister memecahkan rekor sepanjang sejarah olah raga lari yang di kethui. Dengan catatan mampu berlari sepanjang 1 Mil dengan torehan waktu hanya 3.59,4 yang saat itu berlangsung do Oxford.

4. Pelari Perempuan Mulai Di Kenal

Dalam rangka mendukung persamaan derajat dan kesetaraan gender, maka pada tahun 1928 di adakan sebanyak 5 cabang olah raga untuk perempuan saat gelaran Olimpiade. Dan saat itu lari 800 meter menjadi salah satu cabang olah raga yang di khususkan bagi perempuan. Awalnya banyak perempuan yang kelelahan dan pingsan saat menyentuh garis finish saat itu. Akan tetapi sejak era 1900an para pelari perempauan sudah biasa mengikuti lari marathonn sepanjang 5000m dan 10000m.

Baca juga : Tips olahraga lari bagi pemula

5. Orang Afrika Mulai Di Kenal Di Olimpiade

Setelah sebelumnya dominasi olah raga lari selalu di kuasi orang orang dari kulit putih. Namun pada tahun 1960 dan 1964 dominasi ini runtuh dengan di tandai suksesnya Abele Bikila dari Etiopia memenangi olimpiade di cabang olah rag lari.

6. Perkembangan Lari Saat Ini

Untuk saat ini olah raga lari telah berkembang sangat pesat dan banyak di sukai. Bahkan perlombaan atau event event besar khusus olah raga lari juga banyak di gelar.

Related For Sejarah Singkat Olah Raga Lari Dan Perkembangannya