Menu

Sejarah Olahraga Tinju Dunia Secara Singkat

25 July 2019 | Bela Diri

Sejarah Olahraga Tinju Dunia Secara Singkat
Sejarah Olahraga Tinju Dunia Secara Singkat
– Tinju merupakan salah satu dari cabang olahraga beladiri yang menampilkan dua orang yang bertanding, dengan memiliki berat badan yang tidak jauh atau sesuai dengan kelas yang dipertandingkan dengan menggunakan tinju atau pukulan saat melakukan serangan. Dalam olahraga tinju biasanya terdapat aturan ronde yang dipertandingkan, dengan satu rode memiliki interval waktu 1 x 3 menit.

Dalam pertandingan ini, baik dalam olahrga profesional maupun olimpiade, kedua atlet yang bertanding atau bertarung di sebut sebagai petinju, dengan saling berupaya mendaratkan pukulan ke arah lawan dan juga saling mencoba menghindar dari pukulan lawan. Dan pemenangnya biasa ditetukan dengan istilah KO, TKO dan menggunakan nilai jika kedua petinju sama-sama mampu mengkahiri ronde yang di pertandingkan, tanpa ada yang KO atau TKO terlebih dahulu.

Sejarah Olahraga Tinju Dunia Secara Singkat

Menurut riwayat atau sejarah, permainan atau olahraga tinju di perkanlakan oleh bangsa Romawi, Mesir dan juga Yunani. Pada awalnya, para petinju mengikuti pertandingan ini dengan tanpa menggunakan sarung tinju seperti sekarang. Namun justru menggunakan sarung besi. Sehingga pada saat ini banyak atlet atau petinju yang meninggala di atas ring karena mendapat pukulan saru tangan besi yang dilepaskan lawan dengan sangat berbahaya.

Menurut catatan sejarah, petinju yang terkenal pada saat ini yakni Theagenes yang berasal dari Tharos Yunani. Pada saat itu, Tharos berhasil menjadi juara olimpade tinju yang diselanggarakan pada tahun 450 M. Theagenes  juga memiliki catatan yang unik pada waktu itu. Dengan melakukan pertandingan tinju sebanyak 1406 kali dan menggunakan sarung tangan yang terbuat dari besi. Sehingga pada saat itu, banyakn sekali lawan-lawannya yang tewas ketika melawannya.

Hingga akhirnya pada tanggal 10 Agustus 1973, peraturan tinju dunia telah mengalami perubahan seperti sekarang. Dengan mengharusakan setiap petinju menggunakan sarung tangan tinju menggunakan spons karena dinilai lebih aman dari pada yang menggunakan sarung tang tinju yang dibuat dari besi atau benda keras lainnya. Dan petinju yang pertama berkesempatan menggunakan sarung tinju dari spon yakni James Ping yang berasal dari Britania.

Banyak sekali legenda tinju dunia yang sudah terkenal dan populer ketika masa jasanya seperti Mohammad Ali, Mike Tyson Evander Holipil dan lain sebainya. Sementara untuk legenda tinju yang berasal dari Indonesia di antaranya Ellyas Picas, Nico Thomas, Crish John dan lain sebagainya.

Nah demikian tadi terkait ulasan sejarah tinju dunia yang harus kamu ketahui. Dan perlu untuk dicatat, mengingat olahraga tinju dunia, tentunya saat sedang latihan membutuhkan pendamping untuk menghindari beberapa hal yang tidak diinginkan seperti mendapat cidera, terutama bagi kamu yang masih tahap pemula. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Sejarah Olahraga Tinju Dunia Secara Singkat