Menu

Pola Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli Beserta Tekniknya

4 May 2019 | Bola Voli

Pola Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli Beserta Tekniknya

Pola Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli Beserta Tekniknya. Untuk meraih sebuah kemenangan dalam pertandingan atau permainan bola voli, tentunya dibutuhkan sebuah strategi atau pola baik saat menyerang atau bertahan. Dan kita menguasai pola menyerang dan bertahan dengan baik dalam permainan bola voli atau terkesan dengan konsep bermain seadanya, tentu akan sulit untuk meraih kemenangan. Terlebih pihak lawan sudah memiliki teknik dan pola yang dimainkan dengan sangat terorganisir.

Kenapa kita harus menguasai pola penyerangan dan pertajanan dengan baik dalam permainan bola voli. Sama seperti olahraga lainnya yang dimainkan secara beregu atau tim. Karena selain membutuh skill yang mempuni secara indivindu, juga harus mampu bermain secara tim dan tidak arogan. Dengan menguasai pola menyerang dan bertahan dengan baik, kita setidaknya sudah memiliki sebuah strategi dalam tim yang nantinya para pemain dalam satu tim tidak merasa kebingungan terkait tindakan atau sikap yang harus di lakukan saat pertandingan berlangsung.

Selain itu, dengan memiliki pola menyerang dan bertahan dengan baik dalam permainan bola volil, kita juga bisa untuk mengimbangi atau bahkan menguasai jalannya pertandingan bila kita juga sudah bisa mendikte pola permainan yang diterapkan pihak lawan.

Dengan pentingnya peranan pola menyerang dan bertahan dengan baik dalam permainan bola voli. Hendakya semua pemain dalam satu tim juga sudah paham dan mampu menguasai dengan baik. Untuk itu komunikasi yang baik di tengah lapangan juga akan sangat penting agar bisa diterapkan dengan lancar.

Lantas bagaimana cara melakukan atau menerapkan pola menyerang dan bertahan dengan baik dalam permainan bola voli? yuk langsung saja disimak ulasannya berikut ini.

Pola Menyerang Dan Bertahan Dalam Permainan Bola Voli:

A. Pengertian Pola Penyerangan Dan Teknik-Tekniknya

Yang dimaksud dengan pola menyerang atau penyerangan dalam bola voli adalah sebuah siasat atau taktik yang digunakan oleh masing masing tim untuk mencetak poin sebanyak mungin agar meraih kemenangan. Adapun taktik-taktik penyerangan mencakup taktik secara indivindu dan juga tim. Adapun untuk prinsip dari penyeranga adalah upaya untuk mematikan bola di lapangan lawan dengan jalan apapun sesuai dengan yang diperbolehkan dalam peraturan permainan bola voli dan tetap sportif.

1. Melindungi Penyerang/ Cover
Cover nerupakan bagian serangan dari pemain penyerang yang melambung kembali dari block bendungan lawan yang harus diterima oleh pemain seregunya secara bersama sama. Adapun tujuannya adalah mengcover seluruh lapangan terhadap segala bola yang dilambungkan kembali dari block pihak lawan.

2. Teknik-Teknik Penyerangan
Smash adala pukulan yang dilakukan dengan keras dab cepat untuk mematikan lawan sehingga lawan tidak akan mampu untuk mengembalikan bola. Ada 4 jenis smasah yang bisa digunakan, yaitu sebagai berikut ini:
– Frontal smash (smash depan)
– Frontal smash dengan twist ( smash depan dengan memutar)
-Smash dari pergelangan tangan
– Dump (Smash pura-pura)

Adapun dalam melakukan smash juga terdapat 4 tahapan gerak yang harus diperhatikan dan dilakukan dengan baik. Adapun tahapannya sebagai berikut ini:
-Tahap pertama: run-up (lari menghampiri)
– Tahap kedua: tak e-off (melompat)
-Tahap ketiga : hit ( memukul)
– Tahap keempat : landing ( mendarat).

B. Pergertian Pola Pertahanan Dan Tekniknya

Pola pertahan merupakan sebuah upaya untuk bertahan dalam keadaan pasif saat menerima serangan dengan harapan tim lawan akan melakukan kesalahan dan akhirnya bisa untuk dikalahkan.

Berikut Pola Pertahanan Dan Teknik Tekniknya:
1. Pola Bendungan Berteman

Bendungan berteman adalah pola pertahanan yang dilakukan secara tim yang mencakup 2 aspek: menerima smash lawan dan melindungi dengan blok. Adapun jenis pertahanan yang paling penting adalah harus menerima bola dengan kedua belah lengan pada posisi berdiri.

2. Pola Bendungan (blok)

Blok dan sistem pertahanan harus mampu bekerjasama dengan baik jika ingin mengalahkan peyerangan yang mematikan dari pihak lawan. Pola pertahanan block yang sering di gunakan dalam permainan bola voli adalah sebagai berikut ini:

a. Bendungan satu pemain
Digunakan apabila memainkan penyerangan yang sangat cepat, cermatm dan kuat yang membuat pihak bertahan tidak mempunyai kesempatan sama sekali untuk membantu teman melakukan block.

b. Bendungan Dua Pemain
Digunakan apabila lawan memainkan pola penyerangan dengan ketepatan sasaran, yang membuat pihak bertahan masih memiliki kesempatan untuk membantu teman melakukan block secara bersama.

c. Bendungan Tiga Pemain
Digunakan jika menghadapi lawan yang tangguh dalam memainkan penyerangan dengan melakukan smash-smash yang tajah dan keras, sehingga blok-blok keras dari lawat bisa untuk digagalkan.

Demikina tadi terkait ulasan pola penyerangan dan pertahanan dalam permainan bola voli yang harus mampu dipelajari dan dikuasai oleh semua pemain dalam satu tim. Terlebih bagi yang masih tahap pemula dan mulai menyukai atau menggemari permainan bola voli. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Incoming search terms:

Related For Pola Penyerangan Dan Pertahanan Dalam Permainan Bola Voli Beserta Tekniknya