Menu

Peraturan Tendangan Sudut / Corner Kick Dalam Permainan Futsal

7 September 2019 | Futsal

Peraturan Tendangan Sudut / Corner Kick Dalam Permainan Futsal
Peraturan Tendangan Sudut / Corner Kick Dalam Permainan Futsal
– Sama dengan permainan sepakbola, dalam permainan futsal juga terdapat tendangan sudut atau corner kick. Untuk pengertiannya yang di maksud dengan tendangan sudut atau tendangan pojok, karena bola di tendang dari salah satu pojok lapangan permainan yang dilakukan untuk kembali memulai permainan.

Adapun penyebab terjadinya tendagan sudut dalam permainan futsal karena posisi danri seluruh bagian bola telah meninggalkan lapangan permainan dimana sebelumnya telah terlebih dahulu menyentuh pemain bertahan sebelum akhirnya melewati garus gawang dalam keadaan bergulir atau mengelinding di permukaan lapangan atau juga bisa melayang di udara dan terjadinya sebuah gol yang masuk ke gawang.

Posisi Pemain Dan Bola

Pada saaat tendangan sudut dalam permainan futsal, mak pemain bertahan harus berda di dalam lapangan dengan jarak minimal tidak boleh kurang dari lima meter dari titik tendnagan atau busuru pojok di pojok lapangan hingga bola di temang oleh pemain dan bola dalam permainan. Sedangkan posisi bola futsal tendnagan untuk sudut yaitu di tempatkan dalam garis busur sudut lapangan yang terdekat dari posisi saat dimana bola meninggalkan permainan.

Cara Melakukan Tendangan Sudut / Corner Kick

Adapun cara untuk melakukan tendangan sudut atau corner kick dalam permainan futsal juga memiliki peraturan seperti berikut ini.
– Bola harus di letakan pada pojok lapangan terdekat , di dalam busur garis sudut.
– Pemin lawan tidak boleh mendekat dan berada pada jarak tidak kurang dari 3 meter dari bola.
– Bola di tendangan oleh salah satu pemain dari tim penyerang.
– Pemain harus segera mengumpan atau menendang boladalam waktu kurang drai empat detik setelah bola diletakan dan dinyatakan wasit siap untuk ditendang.
– Setelah ditendang oleh pemain, maka bola sudah dalam permainan.
– penendang tidak diperbolehkan memainkan bola untuk kedua kalinya sebelum tersentuh oleh pemain lawan.

Baca Juga : 2 Jenis Teknik Mengambil Tendangan Pinalti Dalam Futsal

Sanksi / Hukuman Pelanggaran

Dalam melakukan tendangan sudut dalam permainan futsal sering kali juga terdapat beberapa kesalahan yang mengakibatkan wasit menjatuhkan sanksi atau hukuman pelanggaran seperti berikut ini.
– Jika bola tidak ditendang dalam waktu 4 detik setelah wasit menghitungnya, maka bola akan diberikan kepada tim lawan dengan sebuah pemberseihan gawang.
– Jika pemain lawan berada dalam jarak yang terlalu dekat dengan bola seperti yang sudah ditentukan, maka tendangan sudut diulang kembali kecuali diterapka atas keuntungan yang didapat. Atau juga bisa dihukum demhan sebuah tendang bebas dan bahkan pinalti.
– Jika penendang memainkan bola untuk kedua kalinya sebelum bola disentuh pemain lain. Maka tendnagan bebas tidak langsung di berikan untuk tim lawan dan dilaksanakan dari tempat dimana terjadinya pelanggaran.
– Jika bola sudah dalam permainan pemain dan pemain yang melakukan pelanggaran sengaja memegang bola dengan tanganya sebelum bola mengenai pemain lain, maka sebuah tendangn bebas lansung diberikan kepada tim lawan dan dilakukan di tempat dimana pelanggaran terjadi. Sementara tim sendiri tersebut diberi sangsi hukuman sebuah pelanggaran yang diakumulasikan.

Nah, demikian tadi terkait peraturan tendangan sudut atau corner kick dalam permainan futsal. Semoga artikel ini bisa bermafaat dan salam olahraga.

Related For Peraturan Tendangan Sudut / Corner Kick Dalam Permainan Futsal