Menu

Peraturan Lompat Jauh Yang Harus Diketahui

12 June 2019 | Olahraga

Peraturan Lompat Jauh Yang Harus Diketahui

Peraturan Lompat Jauh Yang Harus Diketahui – Lompat jauh termasuk salah satu dari cabang olahraga Atletik yang sering dipertandingkan. Tujuan dari lompat jauh untuk mencapai lompatan dengan jarak yang sejauh-jauhnya atau semaksimal mungkin. Namun tentunya untuk bisa mencapai target lompatan yang maksimal atau diinginkan tidak boleh secara sembarangan ketika melakukan lompatan. Untuk itu seorang atlet lompat jauh sebaiknya harus terlebih dahulu memahami dan mengerti serta mampu menguasai materi peraturan-peraturan yang ada dalam perlombaan lompat jauh.

Dengan sudah mampu memahami dan menguasai dari materi peraturan-peraturan dalam lompat jauh, tentunya bisa membuat seorang atlet lompat jauh lebih percaya diri dalam setiap mengikuti perlombaan yang dipertandingan dan juga bisa menghindarkan diri dari kesalahan-kesalahan yang seharusnya tidak boleh dilakukan, agar hasil lompatan juga lebih maksimal.

Sama dengan cabang olahraga lainnya, tentunya untuk peraturan-peraturan dalam lompat jauh juga terbagi menjadi beberapa tahapan. Dan semuanya juga harus mampu dipelajari dengan baik agar nantinya bisa menjadi seorang atlet lompat jauh yang profesional. Terlebih bagi kamu yang baru saja atau masih tahap pemula dan baru mulai belajar untuk mengenal olahraga ini.

Secara garis besar, peraturan dalam lompat jauh terbagi menjadi dua pokok bagian, yakni peraturan tempat dan juga peraturan umum lompat jauh. Adapun untuk penjelasan dan penjabarannya adalah sebagai berikut ini, yuk langsung di simak saja.

Peraturan Lompat Jauh Yang Harus Diketahui

1. Peraturan Tempat

Untuk peraturan tempat dalam olahraga lompat jauh terbagi menjadi 3 tahapan yang meliputi awalan, papan tolakan dan juga tempat pendaratan.

a. Awalan

Untuk peraturan awalan dalam lompat jauh terkait ukuran lintasan lompat jauh dengan lebarnya 1,22 meter dan memiliki panjang 40 meter.

b. Papan Tolakan

Untuk panjang papan tolakan 1,22 meter sama dengan lebar lintasan awal. Lebar 20 cm dan memiliki ketebalan 10 cm. Dan papan tolakan harus diletakkan pada papan plastisin untuk mencatat bekas kaki atlet bila salah dalam melakukan tolakan. Papan harus dicat putih dan di tanam sekurang-kurangnya satu meter dari tepi depan bak pasir pendaratan.

c. Tempat Pendaratan

Tempat pendaratan berupa bak pasir yang memiliki ukuran yang sudah ditetapkan. Yakni dengan memiliki lebar minimal 2,75 meter. Adapun untuk jarak garis tolakan dengan sampai akhir tempat lompatan minimal berjarak 10 cm. Permukaan pasir ditempat pendaratan harus sama tinggi datar dengan permukaan pada papan tolakan.

2. Peraturan Umum Lompat Jauh

Terdapat beberapa hal terkait peraturan umum yang terdapat pada lompat jauh seperti dalam ulasan berikut ini.

a. Bila peserta lompat jauh lebih dari 8 orang, maka setiap peserta diperbolehkan untuk melompat sebanyak 3 kali. Dan lompatan akan diambil dengan yang terjauh. Jika peserta hanya 8 orang atau kurang, maka setiap peserta diperbolehkan untuk melompat sebanyak 6 kali dengan cara melompat dilakukan secara bergantian atau bergiliran.

b. Hasil lompatan diukur dari bekas anggota tubuh yang terdekat atau paling belakang yang menyentuh bak pasir.

c. Setiap peserta diberi waktu satu giliran selama 1 1/5 menit. Jika lompatan sama, maka ditentunkan dengan hasil lompatan yang terbaik. Dan bila ternyata masih sama, maka akan dilihat dari hasil lompatan yang ke-3 . Demikan dan seterusnya.

Demikian tadi terkait ulasan peraturan-peraturan dalam olahraga lompat jauh yang harus mampu dipelajari dan dikuasi dengan baik dan benar. Agar mampu melakukan lompatan juga dengan baik pula dan tanpa melakukan kesalahan. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olaharaga.

Related For Peraturan Lompat Jauh Yang Harus Diketahui