Menu

Peraturan Dalam Olahraga Catur Yang Harus Diketahui

21 July 2019 | Olahraga

Peraturan Dalam Olahraga Catur Yang Harus Diketahui
Peraturan Dalam Olahraga Catur Yang Harus Diketahui
– Seperti kita ketahui, catur adalah permainan yang mengandalkan asah otak atau strategi yang termasuk dalam kategori cabang olahraga. Tentunya, untuk bisa memainkan permainan catur dengan baik dan benar, selain kita harus mampu mengerti cara menjalankan buah catur. Juga harus mampu mempelajari dan menguasai peraturan-peraturan yang berlaku dalam permainan atau olahraga catur ini.

Mengulas etrakit peraturan yang berlaku dalam permainan catur, sebaiknya kita juga mengacu pada aturan yang tercantum dalam peraturan FIDE ( The Federation Internationale des Eches ) atau badan yang menaungi olahraga catur di dunia. Hal ini penting, terutama bagi yang masih tahap pemula atau belajar memainkan permainan catur, agar bisa kelak menjadi salah satu atlet catur yang profesional. Dan berikut ini beberapa aturan yang berlaku dalam olahraga catur yang sebaiknya kamu ketahui. Yuk langsung disimak saja.

Peraturan Dalam Olahraga Catur Yang Harus Diketahui:

1. Tidak Boleh Mengganggu Konsentrasi Lawan

Dalam permain catur yang mengandalkan kemampuan asah otak atau mengadalkan strategi dengan pikiran. Kita tidak diperbolehkan untuk mengganggu konsentrasi lawan dengan cara apapun. Jadi kedua pemain yang sedang bertanding harus sama-sama menjaga ketenangan.

2. Pemain Putih Harus Melangkah Pertama, Dan Kemudian Diikuti Oleh Pemain Hitam Secara Bergantian.

Dalam permainan catur sudah ada aturannya, jika yang menempati posisi bidak catur putih, maka dialaha yang harus jalan atau bergerak dahulu. Dan selanjutnya diikuti oleh pemain yang memainkan bidak catur berwarna hitam secara bergatian. Dengan sudah mengerti ini, tentu sudah tidak perlu diperdebatkan siapa yang akan maju atau melangkah dahulu.

3. Bidak Yang Sudah Dipegang Harus Dimainkan / Dijalankan

Bidak yang sudah dipegang dalam permainan catur wajib untuk dimainkan atau dijalankan, kecuali memang tidak bisa dijalankan karena semua jalan yang bisa dilalui sudah tertutup oleh bidak yang lain.

4. Langkah Dianggap Selesai, Jika Tangan Sudah Melepas Bidak Yang Dipegang

Jika tangan kita sudah melepas bidak yang dipegang dan pastinya sudah dijalankan. Maka kita tidak diperbolahkan lagi untuk menambah atau mengurangi lagi dari langkah bidak tersebut.

5.  Bidak Lawan Yang Disentuh Harus Dimakan

Perlu diketahui, jika bidak yang kita pegang menyentuh bidak dari pihak lawan, maka harus ditangkap/dimakan. Namun kecuali jika bidak lawan yang disentuh tidak mungkin di tangkap /dimakan.

6. Boleh Mengganti Langkah Jika Salah Langkah Pada Saat Raja Dalam Posisi Bahaya

Sebagai contoh saja, kita sudah menggerakan kuda, padahal raja kita dalam posisi bahaya atau terancam (skak), maka kita diperbolehkan untuk menggantinya dengan langkah yang lain.

7. Bidak Promosi Harus Ditukar

Yang dimaksud dengan bidak promosi yakni apabila pion kita sudah mencapai petak terakhir dari pihak lawan. Dalam posisi ini, kita wajib untuk menukarkannya dengan bidak lain seperti menteri, kuda, benteng, menteri atau juga ratu.

8. Boleh Bilang, Bolah Tidak Saat Melakukan Skak Atau Ster

Pada saat kita melakukan star atu ster, kita diperbolehkan untuk memberitahu pihak lawan. Namun jika juga diperbolehkan untuk tidak memberi tahu lawan. Namun akan lebih jika kita memberitahu lawan, terutama pada saat terjadi skak.

Demikian tadi ulasan terkait beberapa aturan dalam olahraga catur yang harus di ketahui dengan baik dan benar, terlebih bagi kamu yang masih tahap pemula atau belajar mengenal olahraga catur. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Related For Peraturan Dalam Olahraga Catur Yang Harus Diketahui