Menu

Pengertian Dan Sejarah Olahraga Angkat Besi

15 July 2019 | Olahraga

Pengertian Dan Sejarah Olahraga Angkat Besi
Pengertian Dan Sejarah Olahraga Angkat Besi
– Angkat besi merupakan salah satu dari cabang olahraga Atletik yang sering di pertandingkan baik tingkat nasional maupun internasional.  Jenis olahraga ini mungkin sudah tak asing lagi bagi kita semua, karena peminat olahraga ini juga tidak sediki baik oleh kaum pria maupun wanita.

Pengertian Dan Sejarah Olahraga Angkat Besi

Pengertian Olahraga Angkat Besi

Menurut dari rangkuman beberapa sumber, bisa dikatakan untuk pengertian dari olahraga angkat besi adalaha salah satu cabang olahraga atletik, yang dilakukan dengan mengangkat alat dengan bobot cukup berat yang terbuat dari besia atau biasa di sebut pula barbel.

Sejarah Singkat Olahraga Angkat Besi

Untuk cabang olaharaga angkat besi, sejauh ini belum dapat di pastikan dari negara mana asalnya. Akan tetapi olahraga ini sudah ada sejak zaman China, Yunani dan juga Mesir kuno.

Untuk perlombaan angkat besi, pertama kali digelar atau diadakan di London, Inggris pada tahun 1891. Dan sejak saat itu olahraga ini makin populer dan mulai di kenal di seluruh penjuru dunia. Dan selanjutnya pada tahun 1896, atas kepakatan para petinggi dunia, angkat besi mulai dimasukan dalam ajang kejuaraan bergengsi di dunia, yaitu Olimpiade.

Untuk peraturan angkat besi dengan yang dulu dan sekarang cukup berbeda. Karena terdapat dua jenis angkatan yang di pertandingkan, yaitu pengangkatan dengan satu tangan dan kedua tangan. Tuan rumah dari Olimpiade ini adalah Athen, Yunani. Olimpiade keuda dilaksanakan pada tahun 1900 dan berlangsung di Paris, Prancis dan yang ke tiga pada tahun 1904 di St  Louis, Amerika Serikat.

Tapi, akibat perang dunia ke 1, olimpiade kemudian di hentikan sampai perang itu selesai dan kemudian di selenggarakan lagi pada tahun 1920, pada gelaran olimpiade yang berlangsung di Antewerpen, Belgia dan masih berlanjut hingga sekarang.

Pada olimpiade di Belgia tahun 1920, ada tiga angkatan yang di pertandingkan yaitu, one hand stanch, one hand clean and jerk dan two hands clean jerk. Tapi pada olimpiade berikutnnya di Prancis, 1924 di tambahi menjadi lima dengan two hands press dan two hands snatch.

Akan tetapi pada olimpiade tahun 1928, kembali dirubah dan hanya mempertandingkan tiga kategori saja yakni clean dan press, snacth dan clean and jerk.

Selanjutnya, seiring dengan perkembangan zaman, perlombaan angkat besi kemudian mengalami perubahan dengan dibagai berdasarkan berat badannya, dengan tujuan agar bisa berjalan adil dan seimbang. Dan peraturan ini, di terapkan pada tahun 1932.

Kemudian seiring dengan perkembangan zaman yang sudah modern, pad tahun 1972, kembali olahraga angkat besi mengalami beberapa perubahan peraturan.  Dan salah satunya di hapus kategori clean and press dengan tujuan untuk mengurangi resiko terjadinya cedera parah.

Pengertian Dan Sejarah Olahraga Angkat Besi

Dan yang paling menarik tentu pada tahun olimpiade tahun 2000, karena untuk kali pertamanya olimpiade untuk para wanita diselenggarakan. Hal ini dikarenakan mulai banyaknya dari para kaum wanita yang meminati olahraga angkat besi.

Untuk perlu di ketahui, cabang olahraga angkat besi internasional atau dunia di bawah naungan IWF (International Weightlifting Federation) yang dibentuk pada tahun 1905 di Budapest, Hunggaria dengan anggota kurang lebih 187. Sementara untuk nasional, olahraga angkat besi di bawah naungan PABBSI ( Persatuan Angkat Besi Seluruh Indonesia).

Demikin tadi terkait ulasan pengertian singkat dan sejarah dari olahraga angkat besi yang harus di ketahui. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Related For Pengertian Dan Sejarah Olahraga Angkat Besi