Menu

Pengertian Dan Peraturan Pembersihan Gawang Dalam Permainan Futsal

8 September 2019 | Futsal

Pengertian Dan Peraturan Pembersihan Gawang Dalam Permainan Futsal
Pengertian Dan Peraturan Pembersihan Gawang Dalam Permainan Futsal
– Seperti kita ketahui, dalam permainan futsal terdapat istilah pembersihan gawan atau goal clearance yang merupakan cara untuk melanjutkan permainan kembali. Hal ini sebenarnya sama dalam permainan sepakbola yang biasa dikenal dengan istilah tendangan gawang. Namu terdapat perbedaan yakni untuk futsal bola terlebih dahulu diletakan di atasa tanah dalam keadaan diam lalu ditendang oleh salah satu pemain seperti penjaga gawang atau pemain bertahan.

Adapun penyebab terjadinya pembersihan gawang dalam permainan futsal jika posisi dari seluruh bagian bola telah melewati garis gawang baik bola tersebut bergulir atupun melayang diudar tanpa terciptanya sebuah gol terlebih dahulu. Dan sebelum itu bola tersentuh dahulu oleh salah satu pemain lawan sebelum bola meninggalkan atau keluar lapangan.

Perlu untuk diketahi, jika tidak ada gol yang terlahir dari sebuah pembersihan gawang sebelum dimainkan oleh pemain lain. Dan jika penjaga gawang melakukan pembersihan gawang baik dengan cara ditendang ataupun di lempar dan ternyata bola masuk ke gawang lawang, maka gol ini dikatakan tidak sah karena bola belum tersentuh oleh pemain lain.

Adapun untuk posisi pemain lawan saat pembersihan gawang dalam permainan futsal, harus berdala dalam lapangan pemrainan dan berada di luar dari daerah pinalti dari penjaga gawang yang melakukan lemparan atau tendangan pembersihan gawang.

Cara Melakukan Pembersihan Gawang

Adapun untuk melakukan pembersihan gawang atau goal clearance juga terdapat beberapa peraturan seperti berikut ini.
– Bola dilemparkan ke arah depan oleh penjaga gawang dari titik manapun dalam daerah pinalti sendiri untuk kemudian diumpan atau diberikan pada rekan satu tim.
– Penjaga gawang harus melakukan pembersihan gawang sebelum waktu 4 detik sejak bola dipegang atau dikuasainya dalam daerah pinalti.
– Penjaga hawang tidak bolehh menyentuh atau juga memainkan kembali sebelum bole tersentuh oleh pemain lawan atau telah melewati dari setengah lapangan.
– Pemain lawan harus berada di luar area pinalti hingga bola di lempar dan kembali dalam permainan.
– Bola sudah dalam permainan kembali setelah dilempar oleh penjaga gawang keluar dari area pinaltinya.

Baca Juga : Peraturan Tendangan Sudut / Corner Kick Dalam Permainan Futsal

Sanksi Dan Pelanggaran Pembersihan Gawang

Adapun dalam pembersihan gawang dalam permainan futsal juga terdapat beberapa kesalahan yang bisa mengakibatkan sanksi atau hukuman seperti berikut ini.
– Bila penjaga gawang tidak segera melakukan pembersihan gawang dalam waktu 4 detik, maka tendangan bebas tidak langsung akan diberikan wasit pada tim lawan dari garis daerahpinalti di tempat terdekat terjadinya pelanggaran.
– Jika bola tidak dilempar secara langsung keluar daerah pinalti, maka pembersihan gawang bisa diulang dengan tetap menerapka aturan waktu 4 detik.
– Jika bola dalam permainan dan penjaga gawang menyentuh bola kembali sebelum tersentuh pemain lawan atau menerima umpan kembali dari teman satu timnya sebelum bola melewati setengah lapangan. Maka tendangan bebas tidak langsung diberikan wasit untuk tim lawan dari titik terjadinya pelanggaran.
– Jika pelanggaran terjadi di daeraj dalam daerah pinalti maka tendangan bebas tidak langsung dilakukan di garis pinalti pada tempat yang terdekat dari terjadinya pelanggaran.
– Jika ada pemain lain dalam satu tim yang menyentuh bola di dalam daerah kota pinalti sendiri ketika dilakukan pembersihan gawang oleh kiper atau mencegah dari yang seharusnya. Maka pembersihan gawan ini bisa untuk diulang kembali.

Nah, demikian tadi terkait pengertian dan peraturan pembersihan gawang dalam permaiann futsal.Smoga artikel ini bisa bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Pengertian Dan Peraturan Pembersihan Gawang Dalam Permainan Futsal