Menu

Pengertian Dan Cara Melakukan Back Pass Dalam Permainan Bola Basket

5 August 2019 | Basket

Pengertian Dan Cara Melakukan Back Pass Dalam Permainan Bola Basket
Pengertian Dan Cara Melakukan Back Pass Dalam Permainan Bola Basket
– Dalam permainan bola basket, ada beberapa teknik yang harus dikuasai dengan baik dan benarĀ  dan salah satunya teknik back pass. Lantas yang yang dimaksud dengan teknik back pass dalam permainan bola basket dan cara melakukannya?

Pengertian Dan Cara Melakukan Back Pass Dalam Permainan Bola Basket:

Pengertian Back Pass

Yang dimaksud dengan back pass dalam permain bola basket yakni operan angan-angan, yaitu suatu operan yang dilakukan untuk mengelebaui atau mengecoh lawan, sehingga pemain dapat melakukan serangan ke daerah lawan dengan cepat. Keunggulan teknik ini adalah lawan main akan sulit untuk bisa mengetahui sasaran daerah pertahananĀ  yang akan dituju. Akan tetapi, untuk melakukan mengumpan dengan teknik back pass juga tidak mudah dilakukan, terutama bagi yang masih tahap pemulda. Dan biasanya juga membutuhkan beberapa kali latihan supaya bisa menguasainya dengan baik dan benar.

Sesuai dengan namanya, back pass dilakukan dari arah belakang tubuh pemain dengan cepat dan tepat. Gerakan ini ini dilakukan untuk membangun serangan dari belakang dan tanpa diketahui pemain lawan, dimana seorang pemain akan memegang bola dengan kedua tanganya, lalu mengoper ke teman satu timnya atau bisa juga langsung melakukan tembakan ke arah ring basket lawan.

Baca Juga : Macam-Macam Passing Dalam Permainan Bola Basket

Teknik Dasar Cara Melakukan Back Pass

Back Pass dalam permainan bola basket adalah mengoper bola dari belakang. Dan saat melakukan teknik dasar passing ini, pemain memegang bola dengan satu tangan yang berada tepat dibelakang punggung. Pada saat melakukan lemparan dilakukan dengan cepat. Yang perlu diperhatikan juga mengenai teman yang akan dijadikan sasaran atau untuk menangkap bola adalah yang terlihat sudah siap menerima bola dan posisinya dekat. Jadi jangan melakukan back pass pada rekan atau teman yang mungkin terlihat belum siap dan mengerti akan gerakan yang kamu lakukan. Hal ini penting, agar saat melakukan back pass tidak gagal dan bola kemudian tidak dikuasai lawan.

Pada saat melakukan back pass perlu di lakukan ketika lawan sedang tidak konsetrasi, karena ini bisa jadi peluang yang bagus dan terbaik. Selain itu perlu juga koordinasi yang baik antar pemain dalam satu tim untuk mengurangi resiko gagal saat melakukan back pass dengan bisa juga memberikan aba-aba pada teman satu tim yang akan diberi umpan.

Demikian tadi terkait teknik dasar dan cara melakukan back pass dalam permainan bola basket yang harus dikuasai dengan baik dan benar, terlebih bagi kamu yang baru mulai menyukai atau memainkan permainan bola basket. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan menambah pengetahuan kita akan teknik-teknik dasar dalam permainan bola basket.

Related For Pengertian Dan Cara Melakukan Back Pass Dalam Permainan Bola Basket