Menu

Jenis Taktik Dan Strategi Permainan Futsal Modern

13 May 2019 | Futsal

Jenis Taktik Dan Strategi Permainan Futsal Modern

Jenis Taktik Dan Strategi Permainan Futsal Modern. Seperti kita ketahui, permainan futsal sebenarnya memiliki kemiripan dan hampir sama dengan permainan sepak bola, dalam hal penerapan strategi dan juga taktik yang digunakan ketika bertanding. Namun mungkin yang membuat terlihat berbeda di karenakan faktor luas lapangan dan juga jumlah pemain yang di turunkan. Untuk ukuran luas lapangan jelas, ukuran lapangan sepak bola lebih luas. Sementara untuk jumlah pemain di line up, sepak bola sebanyak 11 pemain, sementara futsal 5 pemain saja.

Kembali ke topik taktik dan strategi yang akan di bahas dalam permainan futsal di era modern ini. Yang di maksud dengan taktik atau strategi, merupakan seatu konsep permainan yang akan di gunakan atau di pakai untuk mencoba menguasai jalannya pertandingan dengan baik. Agar mampu meraih kemenangan di akhir pertandingan.

Seiring perkembangan jaman, untuk saat ini banyak di ketahui variasi atau jenis strategi yang biasa di gunakan oleh setiap tim dalam pertandingan futsal. Ada beberapa strategi permainan futsal yang biasa di pakai di era modern saat ini. Namun tentunya strategi yang akan di pakai tergantung juga dengan intruksi dari pelatih atau coah. Selain itu juga bisa dengan menyesuaikan situasi yang dihadapi. Karena dalam situasi atau alasan tertentu, strategi yang digunakan bisa berubah di tengah pertandingan yang berlangsung. Semisal karena in mencetak gol setelah mengalami kebuntuan, mengejar ketertinggalan dari lawan atau juga bisa demi mengamankan skor dan sudah dalam posisi unggul terlebih dahulu.

Untuk jenis-jenis taktik dan strategi fusal modern memang cukuo beragam dan bervariasi. Sebaiknya semua strategi mampu dipelajari dengan baik, agar jika sewaktu-waktu mengalami perubahan bisa melakukan atau bisa menyesuaikan dengan baik. Berikut ulasan terkait jenis-jenis taktik dan strategi futsal modern.

Jenis Taktik Dan Strategi Permainan Futsal Modern

1. Strategi Melebar

Untuk bisa memainkan strategi ini dengan baik dan benar, maka formasi yang bisa dipakai biasa formasi 2-2. Dengan formasi ini, setiap pemain mencoba untuk menyebar ke setiap sudut dan sesekali juga melakukan rotasi pemain, agar musuh menjadi bingung. Keuntungan dari strategi ini, pemain bisa memaksimalkan lebar lapangan untuk memaksa lawan terus berlari dan akhirnya mudah menjadi lelah. Saat 2 pemain berhasil ke setiap sudut lapangan, maka 2 pemain lainnya akan merangsek maju untuk bisa segera melakukan serangan dan tembakan ke gawang lawan.

Namun strategi ini juga memiliki kelemahan. Jika pemain depan lawan mampu memotong aliran bola dan dapat melakukan serangan balik dengan begitu mudah. Dan untuk mengantisipasi ini, pemain belakang harus selalu dalam posisi yang siap dan juga tetap fokus menghadang pemain lawan di lapangan.

2. Strategi Total Football

Jika Anda seorang penggemar bola sejati, pastinya sudah faham terkait jenis strategi ini. Strategi ini sudah dikenal cukup lama dan pertama kali temukan oleh legenda Belanda yakni Johan Cruyff saat menjadi pelatih timnas Belanda. Strategi ini mengusung slogan yang sudah melegenda dengan motto ” Menyerang adalah pertahanan yang terbaik”. Dan biasanya dalam permainan futsa, strategi ini di gunakan saat dalam posisi tertinggal gol dengan defisit yang lumayan besar.

Agar formasi ini bisa lebih maksimal. Maka pemain yang menempati posisi penjaga gawang juga harus ikut dalam membantu melakukan serangan guna menggempur pertahanan lawan. Akan tetapi, strategi ini juga memiliki resiko besar. Jika sewaktu waktu bola mampu di potong atau dikuasi pihak lawan, sedangkan gawang dalam posisi yang kosong akan mampu dengan mudah mencetak gol. Untuk itu dituntut menggunakan passing dan juga kontrol bola yang akurat saat menerapkan strategi ini.

3. Strategi Tiki Taka

Di era modern ini, siapa yang tidak mengenal atau mengetahui istilah straregi tiki taka yang terlebih dahulu dipopulerkan oleh Timnas Spanyol dan juga Barcelona. Strategi ini cenderung memainkan bola-bola pendek dengan posisi pemain yang agak rapa dan dalam posisi tidak berjauhan. Biasanya dengan skema untuk memancing pemain bertahan lawan keluar dari area pertahanannya, dan kemudian mencari celah untuk melakukan serangan dan juga mencoba mencetak gol.

Akan tetapi, strategi ini dinilai akan kurang efektif jika lawan yang dihadapi memiliki pressing dan juga stamina yang baggis. Karena biasanya tim ini tak akan lelah dan terus berupaya berlari untuk mengejar dan merebut bola. Jika bola sudah bisa dikuasai, dengan cepat akan gantian melakukan serangan balik.

4. Strategi Negative Football

Strategi ini biasanya digunakan jika tim sduah dalam posisi unggul dan berupaya untuk bisa mengamankan kemenangan. Dan biasanya akan mencoba untuk memainkan tempo atau  mengulur-ulur waktu dalam situasi tertentu. Sudah pasti strategi ini akan membuat kubu lawan bisa menjadi jengkel karena menumpuk pemain di area pertahanan sendiri, hingga kubu lawan akan mengalami kesulitan untuk mencari celah dalam upayanya mencet gol guna mengejar ketertinggalan.

Sama dengan strategi lainnya, strategi ini juga memiliki kelemahan. Terutama jika lawan terus mengurung dan mengempung pertahanan dengan tanpa rasa lelah untuk memberikan tekanan. Bila pemain tidak memiliki stamina yang bagus dan kuat, saat lengah bisa membuat lawan dengan mudah melakukan serangan yang efektif guna mencetak gol.

Demikian tadi terkait jenis-jenis taktik dan strategi yang biasa dipakai atau digunakan dalam permainan futsal di era modern ini. Tentunya akan lebih baik jika sebuah tim tidak hanya fokus pada satu strategi saja. Dengan mampu menguasai beberapa strategi dengan baik dan benar, tentuk akan banyak memiliki opsi strategi yang bisa dipilih. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Jenis Taktik Dan Strategi Permainan Futsal Modern