Menu

Jenis-Jenis Ronde Dalam Olahraga Panahan Yang Sering Dipertandingkan

6 September 2019 | Panahan

Jenis-Jenis Ronde Dalam Olahraga Panahan Yang Sering Dipertandingkan
Jenis-Jenis Ronde Dalam Olahraga Panahan Yang Sering Dipertandingkan –
Menurut sejarah, sebelum di masukan sebagai salah satu cabang olahraga. Awalnya panahan merupakan salah satu aktifitas berburu yang sering dilakukan para nenek moyang kita pada zaman dahulu. Bahkan selain digunakan untuk berburu, panahan juga dijadikan sebagai salah satu bagian dari perlengkapan alat perang.

Namun seiring pekembangan zaman dengan banyaknya yang menggemari panahan. Maka panahan pun dimasukan ke dalam salah satu cabang olahraga. Bahkan untuk perkembangan olahraga panahan ini juga terbilang sangat pesat kemajuannya. Bukan hanya dari peralatan yang digunakan saja. Namun juga dari nomor-nomor yang sering di pertandingan dan juga jenis-jenis ronde menurut peralatan yang digunakan.

Nah untuk kali kali ini, materi pembahasan yang akan diulas terkait jenis-jenis ronde panahan yang sering di pertadingkan dan klasifikasi denga berdasarkan alat yang digunakan. Untuk lebih jelasnya yuk langsung saja disimak ulasannya.

Jenis-Jenis Ronde Dalam Olahraga Panahan Yang Sering Dipertandingkan

1. Ronde Fits Recuve

Merupakan panah buatan Amerika dan Korena yang dipakia di dalam pertandingan panahan yang beskala internasional. Adapun bahannya terbuat dari campuran fiber dan karbon dan memliliki berat sekitar 5kg dan jarak yang di lombakan yaitu 90 meter, 70 meter, 50 meter dan 30 meter.

2. Ronde Fita Coumpound

Jenisnya sama seperti yang digunakan pada Recuve seperti di atas. Akan tetapi pada Coumpound terdapat roda pada sisi-sisi busurr dan pada saat ditarik itu memiliki angka no dan jarak yang biasa di pertandingkan yaitu 90 meter, 70 meter, 50 meter dan 30 meter.

3. Ronde Fita Nasional / Standar Bow

Untuk jenis ronde ini hanya dipakai atau di berlakukan di Indonesia saja. Adapun jarak yang di perlombakan yaitu 50 meter, 40 meter dan 30 meter. Jenis ini relatif lebih ringan dibandingan dengan jenis ronde Recuve dan juga Coumpound. Dan jenis ronde ini sangat di anjurkan bagi yang tahap masih pemula.

4. Tradisional (Tanpa Asesoris)

Pada ronde memanah ini, biasa dilakukan dengan posisi duduk pada saat melakukan panahan. Namun untuk saat ini, jenis ronde ini sangat jarang sekali di pertadingkan.

Baca Juga : Nomor Olahraga Panahan Yang Sering Dipertandingkan

Nah demikian tadi terkait ulasan jenis-jenis ronde dalam olahraga panahan yang sering di pertandingkan. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Related For Jenis-Jenis Ronde Dalam Olahraga Panahan Yang Sering Dipertandingkan