Menu

Jenis Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Diketahui

1 April 2019 | Futsal

Jenis Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Diketahui

Jenis Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Diketahui. Jika anda hendak bermain futsal, tentu salah satu perlengkapan yang harus ada yaitu lapangan futsal. Dan untuk saat ini dengan terus bertambah dan meningkatnya para penggemar olah raga futsal, membuat para pemilik jasa penyewaan lapangan futsal selalu berusaha menawarkan lapangan futsal dengan beberapa variasi dan bisa di sesuaikan dengan budget yang tersedia.

Dan seperti di ketahui, untuk saat ini ada beberapa jenis lapangan futsal yang berbeda dan tentunya setiap lapangan tersebut memiliki keunggulan dan kelemahannya masing masing seperti yang akan di ulas dalam artikel ini.

Jenis Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Diketahui :

1.Lapangan Futsal Vinyl

Lapangan futsal jenis ini untuk saat ini memang banyak di gemari dan di sukai semua kalangan. Karena lapangan futsal Vinyl di buat dari bahan yang empuk sehingga akan membuat anda bisa merasa nyaman ketika bermain dan juga melakukan diving. Lapangan futsal Vinyl biasanya juga di sebuat rubber karena di buat dari bahan dasarnya seperti karet yang lembut.

– Kelebihan lapangan ini. Bola dapat meluncur dengan lancar karena kerapatan lapangan ini sangat baik. Dan juga terasa empauk ketika mencoba melakukan diving karena terdiri dari beberapa lapisan.
– Kekurangannya. Daya cengkeram cukup baik bila menggunakan jenis sepatu yang outseolenya di buat dari bahan karet murni. Selain itu jika di pakai jangka lama bisa mengelupas pada bagianĀ  tertentu yang menyebabkan lapangan bisa menjadi tidak rata.

2. Lapangan Futsal Paequette
Untuk jenis lapangan ini, nampaknya di Indonesia belum terlalu familiar. Karena jenis lapangan ini jutru banyak di sukai atau lebih populer di wilayah Eropa dan Amerika Latin. Bahan lapangan ini menggunakan bahan dari kayu seperti yang biasa di gunakan di GOR ( Gelanggang Olah Raga).

Kelebihan Lapangan Ini : Memiliki permukaan lapangan yang kesat dan tidak licin saat di gunakan berlari. Tingkat kerataan lapangan jenis ini sangat baik dan tentunya bisa membuat laju bola akan lancar.

Kekurangan Lapangan Ini : Karena tebuat dari kayu, tentunya memiliki tingkat kekerasan yang tinggi di banding jenis lapangan futsal lainnya. Membutuhkan perawatan yang lebih extra karena mudah rusak yang di sebabkan oleh beberapa faktor seperti cuaca dan tingkat kelembapannya.

3. Lapangan Futsal Taraflex
Jenis lapangan ini terbuat dari bahan polyethylen yakni semacam biji plastik yang biasanya bisa di olah lagi untuk menjadi bahan yang lebih keras lagi. Sehingga membuat lapangan ini bisa sanget awert di banding lapangan yang lainnya.

-Kelebihan lapangan ini : Dengan memiliki tinglat kerataan dan permukaan yang bagus, membuat aliran bola bisa menjadi lebih lancar , karena permukaan lapangan ini tidak licin.
– Kekurangan Lapangan Ini : Karena jenis lapangan ini terbuat dari beberapa tingkat lapisan. Sehingga terkadang di temukan bagian yang tidak rata, yang bisa membuat aliran bola menjadi tidak maksimal.

4. Lapangan Futsal Karpet Plastik
Jenis lapangan ini sama bahannya dengan lapangan jenis taraflex dan polyethyle.gigi Namun yang menjadikan berbeda adalah terkait jumlah lembaran yang di gunakan namun bisa di bongkar lagi. Tentunya membuat lapangan ini di nilai lebih ekonomisĀ  karena mudah di pindahkan ke tempat lain dan memiliki daya tahan lama.

-Kelebihan lapangan ini : Permukaan lapangan ini relatif kesat dan tidak licin. Jarang sekali di jumpai permukaan yang tidak rata karena faktor lapisan yang terlepas.

Kekurangan lapangan ini : Bila di di bandingkan dengan ketiga lapangan lain yang telah di bahas lebih dulu, lapangan ini tidak terlalu rata karenda terdiri dari banyak lembaran yang di gunakan.

Selain jenis lapangan yang sudah di sebutkan atas, sebenarnya masih ada jenis lapangan yang mudah kit temukan di sekitar kita. Namun jika mengacu pada aturan dasar alam bermain futsal , keduanya tidak teramasuk dalam jenis lapangan yang bisa di gunakan untik bermain futsal.

A. Rumput Sintetis
Sebenarnya jenis lapangan ini di peruntukan untuk indoor soccer dan bukan futsal. Jenis lapangan ini biasa di pakai hanya untu hiburan saja dan bukan dari segi prestasi. Akan tetapi, jutru jenis lapangan ini yang banyak peminatnya di Indonesia.

Kelebihan jenis lapangan ini. Dengan materila lapangan berbahan rumpaut sintetis, membuat lapangan ini terasa lembut dan empuk untuk melakukan diving. Selain itu bola juga lebih mudah di kuasai karena aliran bola tidak terlalu cepat.

Kekurangan jenis lapangan ini. Mudah sekali memyebabkan kulit kita terluka bila kita terjatuh. Terlebih jika tanpa menggunakan perlengkapan pengaman. Bukan termasuk jenis lapangan futsal tetapi indoor soccer. Dan biasanya di butuhkan sepatu khusus jenis turf yang memiliki puli pendek di bagian tapak sepatu yang berfungsi menambah daya cengkeram sepatu.

B . Semen
Jenis lapangan ini juga masih dengan mudah kita temukan dan jumpai, terutama yang tinggal di daerah pinggiran kota besar. Karena di bandingkan jenis lapangan lain, lapangan yang menggunakan semen biayanya lebih murah dan juga daya tahannya lama.

Kelebihan jenis lapangan ini : Tingkat kerataan lapangan ini sangat bagus yang membuat aliran bola menjadi lebih lancar. Selain itu, dari segi perwatan juga mudah karena tidak membutuhkan perawatan khusus.

Kekurangan jenis lapangan ini. Dengan permukaan yang di miliki cukup keras, tentunya rentan bisa menyebabkan cidera yang tak di inginkan semisal seperti saat terjatuh. Selain itu, ketika basah, bisa membuat lapangan ini jadi lebih licin hingga membuat rawan terjatuh.

Nah demikian terkait ulasan jenis jenis lapangan futsal yang telah bahas termasuk kelebihan dan kekuranganya masing masing. Smoga artikel atau ulasan ini bermanfaat dan salam olahraga.

Incoming search terms:

Related For Jenis Jenis Lapangan Futsal Yang Harus Diketahui