Menu

Jenis Cabang Olahraga Lari Yang di Pertandingkan

24 March 2019 | Lari

Jenis Cabang Olahraga Lari Yang di Pertandingkan

Lari termasuk jenis salah satu olahraga athletik yang banyak di sukai semua kalangan. Selain bisa untuk sekedar hobby olahraga sederhana yang bisa di lakukan kapan saja. Olahraga lari juga bisa di tekuni secara serius untuk bisa menjadi atlet lari yang profesional. Jenis cabang olahraga lari yang di pertandingkan secara resmi ada empat macam.

Dan tentunya dengan banyaknya cabang olahraga lari, membuat kita bisa menyesuaikan dengan kemampuan tubuh kita. Untuk itu perlu di pelajari secara detail lebih dulu agar kita bisa memilih secara tepat.  Seperti dalam artikel ini yang akan di ulas terkait jenis cabang olahraga lari yang di pertandingkan secara resmi. yuk di simak langsung.

Jenis Cabang Olahraga Lari :

1. Spirit / Lari Jarak Pendek

Untuk cabang lari jarak pendek biasa di lakukan di lintasan dengan panjang 50 hingga 400 meter. Hasilnya di tentukan dengan siapa saja yang larinya paling cepat menyentuh garus finish. Untuk lari jarak pendek bertujuan untuk memaksimalkan kecepatan secara horizontal. Untuk bisa menguasai dengan baik, di perlukan latihan yang tekun dan ulet. Untuk itu kuasai dulu teknik lari secara detail.

2. Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah memiliki lintasan mencapai 800-1500 meter. Meski hampir sama dengan lari jarak pendek, untuk lari jarak menengah ada perbedaan seperti saat sedang menapak. Dalam jarak pendek biasa di sebut ball – hell- ball yaitu suatu gerakan yang menapakan kakinya dengan bertumpu pada ujung tumit dan kemudian menolakkan telapak tangan dengan ujungnya. Untuk posisi startnya bisa di lakukan dengan posisi berdiri / start berdiri..

Dalam lari jarak menengah ini juga di butuhkan gerakan kaki yang sewajarnya saja, dan panjang langkah tidak perlu di paksakan dari awal, tetapi hanya menjelang garis finish saja agar tenaga bisa di hemat. Karena kalau langsung mengeluarkan tenaga sejak start, bisa saja anda malah kehabisan nafas dan kelelahan.

3. Lari Jarak Jauh / Marathon

Untuk lari jarak jauh atau marathon nampaknya menjadi kelas yang paling di sukai dalam setiap event. Hal ini bisa di lihat dengan banyaknya kejuaraan lari marathon dari tingkat daerah, nasional da internasional. Untuk lintasan lari jarak jauh atau marathon memiliki panjang mulai 3-10km dan ada juga yang mencapai 42 km.

Dengan lintasan yang cukup panjang dan jauh, anda harus mempersiapkan fisik dan mental dengan sebaik mungkin sebelum bertanding. Karena kalau tidak kuat bukan hanya bisa terkena cidera namun juga pingsan, serangan jantung yang bisa menyebabkan meninggal dunia.

4. Lari Sambung / Estafet

Berbeda dengan cabang olah lari lainnya, untuk khusus cabang lari estafet biasa di mainkan secara beregu dan biasanya di isi empat pelari, yang memposisikan dirinya di lintasanya masing masing. Setiap pergatian pelari dengan jarak yang sudah di tentukan dengan di tandai memberi sebuah tongkat kecil ke pelari berikutnya. Untuk jarak lari estafet yang biasa di pertandingkan adalah 4×100 meter dan 4×400 meter.

Related For Jenis Cabang Olahraga Lari Yang di Pertandingkan