Menu

Formasi Dan Strategi Permainan Futsal Ketika Menyerang Dan Bertahan

29 March 2019 | Futsal

Formasi Dan Strategi Permainan Futsal Ketika Menyerang Dan Bertahan.

Formasi Dan Strategi Permainan Futsal Ketika Menyerang Dan Bertahan. Untuk bisa memenangi permainan atau pertandingan futsal, tentunya di butuhkan formasi dan strategi yang tepat agar mampu mengendalikan dan menguasai jalannya pertandingan. Karena bila mampu menguasai pertandingan, tentunya kemenangan akan mudah di raih.

Untuk itu semua pemain dalam tim tanpa terkecuali harus mampu dan menguasai berbagai formasi dan strategi permainan futsal dengan baik. Terlebih futsal merupakan permainan yang mengandalkan kerjasama antar pemain dan bukan sekedar skill indivindu.

Untuk menetukan formasi dan strategi yang akan di gunakan menghadi lawannya, biasanya sudah di tentukan pelatih. Namun dalam situasi tertentu dengan berbagai alasan, formasi dan strategi yang di pakai bisa saja mengalami perubahan entah faktor kebuntuan mencetak gol atau mencoba mempertahankan keunggulan.

Formasi Dan Strategi Futsal :

1. Formasi 2-2
Formasi jelas mengandalkan keseimbangan tim baik dalam upaya menyerang atau bertahan. Dengan menempatkan 2 pemain di sektor pertahanan dan 2 pemain di area serangan untuk membongkar pertahanan lawannya.Pergerakan ini dengan 2 pemain di depan dan belakan akan dapat saling membagi bola baik saat bertahan maupun menyerang.

2. Formasi 3-1
Formasi ini cenderung untuk lebih mengamankan gawangnya dengan menempatkan 3 pemain di area lapangan sendiri. Sementara 1 pemain bertugas untuk melakukan serangan ke gawang lawan sebagai target man. Pada situasi tertentu, formasin ini bisa berganti menjadi formasi 1-1-2 dan 1-2-1 sebagai variasiya. Strategi ini bertujuan mengosongkan lapangan sebelah kanan dan kiri pertahanan lawan sebagai tempat awal melakukan serangan.

3. Formasi 1-3
Formasi  biasa juga di sebut semi menyerang. Karena hanya menyisakan 1 pemain di lapangan sendiri, sementara  3 pemain bertugas menggempur pertahanan lawan. Fungsi formasi ini untuk mengosongkan lapangan kanan dan kiri bagian pertahanan lawan sebagai awal melakukan serangan.

4. Formasi 4-0
Formasi ini bertujuan untuk bertahan total dengan menempatkan 4 pemain di belakang garis tengah area sendiri. Meski begitu, pada saat mencoba menyerang atau melakukan serangan balik bisa berubah menjadi formasi 1-2-1, 1-1-2 dan 3-1.

5. Formasi 0-4
Dengan melihat penempatan posisi pemain, formasi ini di gunakan dalam upaya melakukan serangan total dengan menempatkan langsung 4 pemain di area lapangan lawan. Namun saat mencoba bertahan, formasi ini bisa dirubag menjadi 1-2-1, 1-1-2 dan 3-1.

6. Formasi 1-2-1
Skema dari formasi ini bertujuan untuk mencari keseimbangan baik saat bertahan atau mencoba melakukan serangan.Selain itu dengan 2 pemain di tempatkan di area lapangan tengah, bertujuan untuk menghambat laju serangan lawan.

7. Formasi 1-1-2
Formasi ini memiliki fungsi untuk menyerang dengan serangan balik yang efektif dan efisien. Dimana 1 pemain di belakang sebagai kunci serangan, semetara 1 pemain di tugaskan menjadi simpul serangan serta 2 pemain mengisi pos kiri dan kanan area lawan untuk menempati pos sayap serang atau biasa di sebut juga sebagai tombak kembar.

8. Formasi 2-1-1
Formasi tetap berfungsi untuk menyerang dengan bisa merubah formasi menjadi 3-1. Formasi ini baiknya di lakukan di daerah lawan dengan formasi bertahan tetap dominan. Dalam skema formasi ini, biasanya untuk mengandalkan penyerang sebagai target utama.

Related For Formasi Dan Strategi Permainan Futsal Ketika Menyerang Dan Bertahan