Menu

Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Benar

15 June 2019 | Bola Voli

Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Benar
Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Benar
– Seperti kita ketahui dalam permainan bola voli, ada beberapa teknik dasar yang mampu kita pelajari dan kuasai dengan baik. Dan salah satu teknik yang akan kita bahas pada ulasan kali ini, terkait cara melakukan smash bola voli yang benar. Hal ini teramat penting, terutama bagi pemain yang bertugas sebagai spiker, dalam upayanya untuk memburu dan mendapatkan poin bagi timnya.

Sebelum kita membahas terkait cara melakukan smash bola voli yang benar. Alangkah lebih baiknya jika kita mencari tahu terlebih dahulu dengan apa yang di maksud smash dalam permainan bola voli. Smash adalah upaya atau usaha dalam permainan bola voli, yang bertujuan untuk bisa menjatuhkan bola pada lapangan lawan.

Hal ini tentunya amat penting dan harus mampu di lakukan oleh semua pemain dalam satu tim. Pasalnya cara terbesar untuk mendulang atau bisa mendapatkan poin dalam permainan bola voli dengan melakukan smash yang akurat dan bisa masuk ke area lapangan lawan. Namun perlu di ingat dan diketahui, jangan sampai smash yang kita lakukan gagal atau keluar lapangan, yang berarti pihak lawan yang justru akan mendapat poin.

Untuk melakukan pukulan smash yang baik, tentu tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan saja. Dan tentunya dibutuhkan cara yang benar agar pukulan smash yang kita lakukan bisa lebih akurat dan juga menemui sasaran yang dituju. Adapun untuk cara melakukannya adalah sebagai berikut ini.

Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Benar

1. Bendiri dengan menghadap net atau jaring dengan jarak sekitar 2-3 langkah kita.
2. Sebailknya awalan dengan langkah lebar dan datar. Kemudian kedua lengan diayunkan kebelakang dan fokus pandangan diarahkan pada bola.
3. Selanjutnya lakukan tolakan yang bisa dilakukan dengan menekuk kedua lutut dan kemudian di lanjutkan dengan melakukan loncatan.
4. Ayunkan lengan dengan memukul ke depan dan punggung dengan melenting ke posisi belakang.
5. Bola kemudia dipukul dengan menggunakan lengan terjulur, sedangkan telapak tangan tetap terbuka dan menaungibola dengan melecutkan pergelangan tangan.
6. Tahap akhir lakukanlah pendaratan dengan menempatkan posisi kedua kaki dengan secara brsamaan dan lutut mengeper.

Kesalahan Dalam Melakukan Smash

Kesalahan: Dalam beberapa kondisis, smash yang dilakukan dengan baik jutsru bisa berakhir dengan kegagalan. Dan diantaranya adalah sikap badan yang kaku, berdiri terlalu dengan posisi net atau jaring. Awalan langkah terlalu banyak dan juga lebar, saat melakukan tolakan tidak menekuk lutut dan juga lengan tidak terayun ke depan pada saat akan memukul bola, serta ketika melakukan pendaratan tidak dilakukan dengan lutut yang mengeper.

Demikian tadi terkait ulasan cara melakukan smash dalam permainan bola voli yang baik dan benar. Dan tentunya cara ini harus mampu dikuasai dengan baik oleh setiap pemain, terlebih bagi kamu yang masih tahap pemula atau memainkan permainan bola voli. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Cara Melakukan Smash Bola Voli Yang Benar