Menu

Cara Ketentuan Penghitungan Skor Atau Poin Dalam Bola Basket

16 April 2019 | Basket

Cara Ketentuan Penghitungan Skor Atau Poin Dalam Bola Basket

Cara Ketentuan Penghitungan Skor Atau Poin Dalam Bola Basket. Bola basket merupakan salah satu olahraga secara tim berjumlah 5 orang yang menggunakan bola yang di mainkan menggunakan tangan dan di masukan ke ring basket lawan . Untuk bisa menentukan tim mana yang menang, bisa dinilai dengan yang mengumpulkan poin paling banyak di antara kedua tim yang sedang bertanding.

Dalam permainan bola basket permainan berlangsung dalam 4 babak dengan ketentuan waktu 4×10 menit. Untuk diketahui, dalam permainan bola basket tidak ada istilah seri atau pertandingan berakhir imbang. Dan jika di waktu normal berakhir sementara kedudukan masih sama kuat, maka akan di lanjutkan dengan perpanjangan waktu atau di kenal juga overtime selama 5 menit untuk melanjutkan pertandingan dan mencari pemenangnya.

Kembali ke topik ulasan terkait teknik dan cara ketentuan penghitungan skor bola basket. Untuk menghitung skor bola basket, tentunya ada ketentuan dan mekanisme setiap tembakan atau shooting yang masuk ke ring basket. Karena dalam permainan bola basket, setiap tembakan yang masuk ke ring lawan bisa menghasilkan poin atau skor yang berbeda dan salah satunya di pengaruhi faktor jarak posisi lemparan ke ring basket. Semakin jauh posisi lemparan dan masuk ke ring, maka skor yang di dapat akan semakin maksimal.

Dalam penentuan skor atau poin yang bisa di dapat dalam permainan bola basket variasinya 1 sampai 3 poin. Adapun untuk cara menentukan berdasarkan ketentuan berikut ini:

Cara Ketentuan Penghitungan Skor Atau Poin Dalam Bola Basket

1. Tembakan 1 Poin 

Nilai skor atau poin ini yang didapat ini merupakan paling rendah dalam bola basket. Dan skor 1 poin ini diberikan, apabila pemain basket melakukan lemparan atau shooting melalui titik pinalti, dan biasanya pinalti akan diberikan sebanyak 2 kali jika lawan melakukan pelanggaran.

2. Tembakan 2 Poin

Untuk menentuka tembakan yang bisa membuahkan skor 2 poin:
– Bola masuk ke ring lawan yang berasal dari tembakan lay up dalam garis pinalti ( 2 poin field goal area )
– Pemain lawan tidak sengaja jutsru memasukan bola kedalam ringnya sendiri.
– Setelah bola menyentuh ring basket pada lemparan bebas terakhir dan disentuh dengan benar oleh pemain penyerang atau pemain bertahan.

3. Tembakan 3 Poin

Skor atau poin ini merupakan yang paling tinggi dalam permainan bola basket. Untuk bisa mendapatkan poin istimewa atau 3 poin ini, pemain harus melakuka tembakan atau melempar bola yang masuk ke ring lawan dari luar garis pinalti.

Demikian tadi ulasan terkait cara menentukan skor atau poin dalam permainan bola basket. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For Cara Ketentuan Penghitungan Skor Atau Poin Dalam Bola Basket