Menu

5 Tips Menjadi Pemain Gelandang Bertahan Dalam Sepakbola

11 June 2019 | Sepakbola

5 Tips Menjadi Pemain Gelandang Bertahan Dalam Sepakbola
Tips Menjadi Pemain Gelandang Bertahan Dalam Sepakbola
– Seperti kita ketahui, dalam permainan sepakbola terdapat beberapa posisi pemain yang berbeda-beda, dimana tiap pemain memiliki tugasnya masing-masing yang berbeda-beda pula. Dan salah satu posisi pemain yang amat penting adalah seorang gelandang bertahan. Dimana tugas dari gelandang bertahan adalah menghentikan setiap pergerakan lawan yang datang mendekat ke gawang. Untuk itu, jika Anda menempati posisi ini, maka Anda harus mengerti cara untuk menjadi pemain tengah yang bagus dan tangguh serta berguna bagi tim. Dengan demikian Anda bisa menjadi pemain yang bisa menghentikan pemain lawan yang mencoba memasuki pertahanan tim Anda.

Selain itu, biasanya lapangan tengah merupakan salah satu sektor yang sangat krusial, dimana pemain yang bisa mengontrol dan mampu memberikan passing yang baik. Maka dengan demikian, otomatis bola akan menjadi milik tim mereka. Untuk itu pemain yang berposisi di sektor gelandang, harus mengetahui cara menjadi pemompa air yang baik. Tapi Anda tak perlu khawatir, karena kami akan menjelaskan dalam ulasan berikut ini, yuk disimak dengan baik.

5 Tips Menjadi Pemain Gelandang Bertahan Dalam Sepakbola

1. Jangan Pernah Berhenti Bergerak

Salah satu tugas dari seorang gelandang bertahan adalah memutus atau memboklir serangan lawan, untuk itu Anda tidak boleh berhenti bergerak. Dengan demikian, Anda bisa untuk memotong operan lawan dan bahkan berpeluang untuk mencuri bola yang sudah dikuasai. Untuk itu Anda wajib memiliki stamina yang kuat, karena jika anda kehilangan bola langsung kejar pemain yang menguasai bola dengan semaksimal mungkin, agar bola mampu dikuasai lagi. Selain itu  Anda harus mampu mengamati setiap pergerakan playmaker lawan.

2.Passing Yang Baik

Tips untuk menjadi gelandang bertahan atau midfielder yang bak selanjutnya adalah dengan mampu memiliki akurasi passing yang baik dan bagus. Karena seperti kita ketahui, lapangan tengan merupakan sektor vital untuk memulai penyerangan, jadi lakukan passing pendek yan baik, sehingga bola akan terus menjadi milik tim Anda.

Jika waktunya sudah tepat Anda bisa mengirim bola terobosan ke sektor yang kosong, dengan begitu bisa membuat lawan akan sulit untuk menghentikan umpan yang Anda lepas. Latihan mengumpan long pass akurat juga bisa menjadi tips penting ketika tim Anda mengalami kebuntuan atau untuk mengirimkan counter attaack yang cepat ke garis pertahanan lawan.

3.  Fokus Dan Terus Berpikir

Berpikir cepat dalam pertandingan adalah salah satu bagian kunci sukses untuk menjadi seorang pemain bertahan yang baik. Jadi biasakan untuk berpikir cepat ketika mendapat bola dan jangan terlalu lama memegang bola. Karena hal ini dapat membuat lawan lebih mudah untuk mencuri bola. Jadi selain berpikir cepat, Anda juga harus melihat dengan fokus pada rekan satu tim Anda yang berada pada posisi siap untuk menerima bola.

4. Hentikan Pemain Berpostur Besar

Jika Anda ingin menjadi pemain gelandang bertahan yang baik, jangan ragu untuk menghentikan pemain yang memiliki postur tubuh besar. Karena biasanya pemain yang berpostur besar akan lebih lambat dalam pergerakannya, untuk itu buang sikap ragu tersebut dan mulai berani mengambil keputusan. Latihlah keseimbangan Anda agar tidak kalah walaupun body Anda kalah besar dengan lawan.

5. Komunikasi Yang Baik Dengan Rekan Satu Tim

Salah satu hal yang harus tetap dijaga oleh pemain adalah komunikasi yang baik dengan rekan satu tim. Karena kunci dari sebuah kemenangan salah satunya adalah kerjasama tim yang bagus dan berjalan lancar. Untuk membangun kerjasama tersebut tentunya dibutuhkan komunikasi dengan baik antar pemain. Apalagi posisi Anda sebagai seorang gelandang bertahan, dimana tugas Anda mengontrol jalannya pertandingan. Untuk itu selalu berkomunikasi dengan baik, jangan sampai ada kesalapahaman yang bisa berakibat fatal untuk tim Anda.

Nah, demikian tadi terkait ulasan lima tips untuk menjadi pemain gelandang bertahan dalam sepakbola yang baik. Smoga artikel ini bisa memiliki manfaat dan salam olahraga.

Related For 5 Tips Menjadi Pemain Gelandang Bertahan Dalam Sepakbola