Menu

3 Macam Strategi Penyerangan Dalam Permainan Bola Voli

4 June 2019 | Bola Voli

3 Macam Strategi Penyerangan Dalam Permainan Bola Voli

Strategi Penyerangan Dalam Permainan Bola Voli – Berhasil atau tidaknya suatu pola penyerangan dalam permainan bola voli juga bisa di tentukan dengan stategi yang dipakai. Hal ini tak lepas dengan permainan bola voli yang tidak hanya mengandalkan kemampuan secara indivindu saja. Namun kerja sama dan kekompakan tim dalam mencoba menjalankan strategi yang dipakai untuk saat melakukan serangan juga sangat penting dan bisa menentukan. Dengan kerjasama dan komunikasi antar pemain yang berjalan lancar, maka membuat strategi bisa berjalan lancar dan sesuai dengan apa yang diharapkan.

Untuk strategi penyerangan dalam permainan bola voli yang biasa digunakan juga cukup bervariasi. Untuk itu, hendaknya setiap pemain mampu mempelajari dan menguasai semuanya dengan sama baiknya. Karena dalam satu situasi tertentu bisa saja strategi yang digunakan mengalami perubahanan dari plan A beraliha ke plan B. Semisal saja pola penyerangan mampu di baca lawan dengan baik atau kurang efektif dan terlihat buntu.

Dengan memiliki strategi penyerangan yang baik dalam permainan bola voli, membuat kita bisa untuk menguasai jalannya pertandingan dengan baik atau mampu mengimbangi permainan lawan yang dirasa memiliki kemampuan di atas tim kita. Bahkan bis jadi kita telah mampu mendikte pola permainan yang diterapkan pihak lawan.

Strategi menyerang diartikan untuk mengharuskan sebuah regu atau tim lawan bertindak menuruti tim yang melakukan penyerangan. Oleh sebab itu , informasi suatu tim harus merata dalam pembagian kekuatannya dalam posisi apa pun untuk melakukan serangan sehingga penempatan smasher, set up dan pemain universal harus di perhitungkan dengan begitu matang, agar mampu dicapai dalam pemeraatn kekuatan penyeranga.

Adapun jenis-jsenis pemain sesuai dengan tugas dan fungsinya dapat dibagi menjadi tiga, yaitu sebagai berikut ini.
a. Smasher (Sm), bertugas sebagai penyerang utama.
b. Set-uper (Su), bertindak sebagai pengumpan ke smasher.
c. Universa (U), bertugas dan berfungsi serbaguna, bisa membantu penyerang utama dan juga pengumpan.

Dengan menggunakan jenis dan fungsi pemain di atas, dapat dijelaskan macam-macam strategi menyerang dalam permainan bola voli seperti dalam ulasan penjelasan berikut ini.

3 Macam Strategi Penyerangan Dalam Permainan Bola Voli

A. Sistem Penyerangan 4 Sm-2 Su ( 4 Smasher – 2 Set-uper)

Pada sistem ini terdiri dari empat penyerang utama dan dua pemain sebagai pengumpan. Pada sistem ini biasanya pemain pengumpan melakukan set dari tengah depan lapangan, tetapi ada juga kondisi tertentu yang mengharuskan pemain pengumpan untuk melakukan set dari sebelaha kanan lapangan.

B. Sistem Penyerangan 4 Sm-1 Su- 1 U ( 4 Smasher- 1 Set-uper – 1 Universal)

Pada sitsem ini menempatkan empat pemain utama, satu pemain pengumpan dan satu peman serbaguna ( pembantu peneyerang dan pengumpan), Pada sistem ini diharapkan lebih efektif dan cepat dalam melakukan serangan ke pihak lawan.

C. Sistem Penyerangan 5 Sm-1 Su ( 5 Smasher – 1 Set-uper)

Dalam sistem penyerangan ini dengan menempatkan lima penyerang utama sekaligus dan satu pemain bertugas sebagai pengumpan.

Nah demikian tadi terkait ulasan tiga macam strategi penyerangan dalam permainan bola voli yang sering dipakai. Jika sebuat tim mampu menjalanka strategi peyerangang yang di pakai dengan baik dan efektif, tentunya kans untuk mengakhiri pertandingan dengan sebuah kemenangan cukup besar.

Untuk itu diperlukan kerjasama dan komunikasi yang baik antar tiap pemain, agar strategi yang diusung mampu berjalan dengan baik pula. Namun jika sebaliknya, kerjasama dan komunikasi antar pemain kurang berjalan lancar, bisa jadi strategi penyerangan yang diusung menjadi tidak maksimal. Smoga artikel ini bermanfaat dan salam olahraga.

Related For 3 Macam Strategi Penyerangan Dalam Permainan Bola Voli